Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Es Kopi vs Kopi Panas: Mana yang Lebih Sehat?

Audrey AndiniAudrey Andini
Es Kopi vs Kopi Panas: Mana yang Lebih Sehat?1
Shutterstock
Tren saat ini seperti tak bisa dipisahkan dari kopi dalam rutinitas sehari-hari. Beberapa sumber pun banyak menyebutkan manfaat kopi buat kesehatan. Di antaranya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan depresi. Mau tahu info penting seputar makanan minuman dan pengaruhnya pada kesehatan? Pastikan kamu sudah download Qraved app
2
Photo Source:  neogaf
Meskipun belum jelas apa yang menjadi alasan dari manfaat baik kopi, para ahli berpendapat bahwa kandungan antioksidan, polifenol, dan mineral yang tinggi dalam kopi adalah penyebabnya.
3
Photo Source:  taste
Dilansir Kompas.com, secangkir kopi panas dan kopi dingin yang tidak menggunakan gula sama-sama mengandung nutrisi yang sama. Untuk kandungan kafeinnya pun tidak terlalu berbeda, meskipun efek kafein dalam es kopi panas lebih cepat timbul daripada kopi panas. Sementara kopi panas memiliki kandungan pH yang lebih rendah daripada es kopi sehingga memiliki keasaman yang lebih tinggi. Es kopi juga dapat membantu mengencerkan konsentrasi kopi sehingga tidak terasa terlalu kuat tingkat keasamannya. Sehingga es kopi mungkin bisa jadi pilihan untuk penderita maag atau asam lambung.  
4
Photo Source:  newyork.cbslocal
Bagusnya lagi, es kopi memakai sedotan dalam penyajianya. Sehingga kopi tidak bersentuhan langsung dengan gigi yang biasa jadi penyebab gigi menguning karena asam. Namun sisi minusnya, es kopi biasaya disajikan dengan dengan tempat yang lebih besar dengan beraneka ragam topping dan gula yang melimpah. Hal ini  yang  membuat kandungan kalorinya melonjak. 
5
Photo Source:  Today
Oleh karena itu, agar lebih tenang mengonsumsi kopi dan mendapatkan manfaat yang baik, lebih baik memilih kopi hitam tanpa pemanis dan topping dengan kadar gula tinggi.