Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Pedas yang Bikin Nangis

Audrey AndiniAudrey Andini
5 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Pedas yang Bikin Nangis1
fransredhot
Dari seblak sampai ayam geprek, hidangan pedas memang paling bisa menggugah selera makan kita. Namun rasa pedas yang terkadang mengigit bisa membuat kita kelimpungan mencari pengobatnya. Segelas air putih ternyata tidak begitu ampuh dalam melawan pedas. 5 makanan ini bisa meredakan pedas yang terasa dengan lebih ampuh. Untuk tips menarik lainnya, jangan lupa download Qraved App ya.

Minum Susu

2
Photo Source:  dairyinstitute
Minum susu merupakan cara klasik memadamkan rasa pedas di mulut. Selain simpel, cara ini juga sudah di dukung sains. Peneliti New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan pedas yang disebabkan oleh cabai.

Nasi atau Roti

3
Photo Source:  seriouseats
Kandungan capsaicinoid dalam cabai diketahui sebagai pemicu hadirnya rasa pedas. Untuk meredamnya, nasi dan roti bisa dimanfaatkan untuk menyerap senyawa ini dan membantu meredakan rasa pedas di mulut.  

Minyak Sayur

4
Photo Source:  alto-mar
Meskipun kurang praktis, ternyata minyak zaitun atau minyak sayur juga bisa meredakan rasa pedas membakar, guys. Lebih ampuh lagi jika minyak zaitunnya dalam keadaan dingin. 

Gula

5
Photo Source:  livescience
Kesalahan pertama yang dilakukan saat kepedasan adalah meminum air. Sayangnya, cara ini malah bikin rasa pedas makin menjadi-jadi karena capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak bisa dihilangkan dengan air. Namun satu sendok teh gula atau madu dapat membantu menghilangkan rasa pedasnya. 

Minuman Asam

6
Photo Source:  mentalfloss
Asam yang terkandung dalam jus seperti jus lemon dan jus tomat juga bisa diandalkan untuk menghilangkan rasa pedas yang disebabkan oleh capsaicinoid. Selain jus, kamu juga bisa memanfaatkan Irisan jeruk dan lemon untuk melenyapkan sensasi pedas.