Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

4 Makanan yang Sering Dikira Penyebab Usus Buntu

Iqra RabikaIqra Rabika
4 Makanan yang Sering Dikira Penyebab Usus Buntu 1
4 Makanan yang Sering Dikira Penyebab Usus Buntu
Ramainya berita yang mengabarkan seorang anak terkena usus buntu akibat terlalu banyak mengkonsumsi seblak memang bikin khawatir. Padahal usus buntu belum tentu berasal dari seblak yang dimakan. Nah, selain seblak, makanan-makanan ini juga sering banget disangka jadi penyebab usus buntu. Cek kebenarannya! Dan untuk info-info lain, pastikan kamu sudah download Qraved app.

Cabai

2
Photo Source:  Resep Masakan
Cabai menjadi makanan yang paling sering dikira bisa bikin usus buntu karena bijinya yang kecil-kecil dan sering tertelan. Padahal, menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB dari Divisi Gastroenterologi FKUI-RSCM yang dikutip dari detik.com ini biji cabai yang tertelan memang bisa saja tersangkut di usus buntu namun tetap akan keluar lagi bersama feses.

Biji Jambu

3
Photo Source:  Nectura Juice
Selain biji cabai, biji dari jambu juga sering banget dituduh jadi penyebab usus buntu. Padahal hal itu ternyata hanya mitos karena menurut dr Errawan R. Wiradisuria, SpB(K)BD dari Rumah Sakit Mayapada mengatakan bahwa ahli bedah nggak pernah menemukan biji jambu pada radang usus buntu.

Mie Instan

4
Photo Source:  Hello Sehat
Pasti kamu sering banget kan dilarang makan mie instan karena takut terkena usus buntu? Padahal mengonsumsi mie instan belum tentu menyebabkan usus buntu, lho. Mie instan hanya nggak mengandung gizi yang lengkap sehingga nggak bisa dijadikan makanan pokok.

Permen Karet

5
Photo Source:  Rahasia Herbal
Kamu pasti pernah dong merasakan ketakutan terkena usus buntu saat permen karet kamu nggak sengaja tertelan? Hal ini lah yang bikin orang-orang takut untuk menguyah permen karet. Padahal, permen karet yang tertelan memang akan menempel di perut namun nggak dalam waktu yang lama. Karena sistem pencernaan punya cara khusus untuk mencerna permen karet. Paling-paling, permen karet yang tertelan akan menyebabkan sembelit.