Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yang Sering Makan Cokelat Wajib Banget Paham 5 Hal Ini

Karina MarpaungKarina Marpaung
Yang Sering Makan Cokelat Wajib Banget Paham 5 Hal Ini1
@cacaoreview
Setiap orang, terutama penggila cokelat, pasti ingin mendapatkan cokelat berkualitas nomor wahid. Agar bisa memperolehnya, dibutuhkan ketelitian khusus untuk dapat mengamati cokelat. Walaupun terkesan sulit, memilih cokelat sebetulnya tak rumit dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan orang awam sekalipun. Berikut adalah hal-hal penting yang harus kamu perhatikan biar cokelat yang kamu santap tak mengecewakan.

Daerah asal

2
Photo Source:  cacaoreview
Ketika hendak membeli cokelat, sebaiknya perhatikan kandungan bahan yang tertera pada kemasan, terutama wilayah asal dari biji cokelat yang digunakan. Cokelat dengan kualitas terbaik umumnya berasal dari Amerika Selatan, Karibia, dan Afrika Barat. 

Warna

3
Photo Source:  swankyph
Warna keruh pada permukaan cokelat mengindikasikan bahwa cokelat tersebut sudah  terlalu lama disimpan. Untuk itu, usahakan untuk selalu memilih cokelat yang memiliki permukaan mengilat dan bebas dari goresan atau kerusakan lain.  

Suara

4
Photo Source:  lolliandpops
Cokelat dengan kualitas baik akan menimbulkan suara yang cukup nyaring ketika kamu membelahnya, sekalipun disimpan dalam suhu ruang. Perhatikan pula banyaknya serpihan cokelat yang muncul ketika dibelah. Jika serpihan cukup banyak, kemungkinan besar cokelat tersebut sudah terlalu lama disimpan atau memang berkualitas rendah.

Aroma

5
Photo Source:  cacaoreview
Cara paling ampuh untuk mendeteksi aroma cokelat adalah dengan membaui lelehan cokelat yang menempel di ujung jari. Jika aroma yang tercium lebih mirip seperti vanila atau bahan selain cokelat, maka cokelat tersebut mungkin tak akan memiliki cita rasa yang kaya.

Tekstur

6
Photo Source:  cacaoreview
Tekstur cokelat ketika meleleh di dalam mulut juga menjadi indikator penting untuk menentukan kualitas cokelat. Apabila lelehan cokelat terasa sedikit berpasir atau berminyak, mungkin saja cokelat itu tidak memiliki kualitas yang cukup baik.