Wajib Baca: 6 Fakta Unik Seputar Ketupat

Nama ketupat mungkin sudah tidak asing lagi, apalagi kalau sudah dekat-dekat momen Lebaran. Namun, tahukah kamu bahwa tersimpan beragam fakta unik di balik nama besar ketupat? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan tentang enam fakta unik seputar ketupat berikut ini! 

Punya ragam sebutan

Photo Source :basukinugroho33

Ketupat memiliki beragam sebutan berbeda di berbagai wilayah di Indonesia. Masyarakat Bali, misalnya, menyebut Ketupat dengan istilah "Tipat". Lain halnya dengan masyarakat Minangkabau yang menyebut Ketupat dengan istilah "Katupek". Apakah daerah asalmu juga memiliki sebutan yang berbeda terhadap ketupat?

Punya arti yang dalam

Photo Source :putriutrie87

Menurut tradisi Jawa, Ketupat atau Kupat berarti "mengakui kesalahan". Anyaman janur melambangkan dosa manusia, sementara warna putih beras adalah simbol pengampunan dosa setelah beribadah di bulan Ramadan. Mungkin itulah sebabnya Ketupat tak pernah absen di Hari Raya Idul Fitri karena momen tersebut biasa digunakan untuk bersilaturahmi sambil saling memaafkan.

Populer di negara lain

Photo Source :swan_

Selain di Indonesia, ternyata ketupat cukup populer di negara lain, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Bahkan, Filipina pun juga mengenal Ketupat dengan sebutan bugnoy, puso, piyoso atau ta'mu.

Punya ragam bentuk

Photo Source :shiela.d.dapoq

Mungkin, hanya ketupat berbentuk jajar genjang yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, sesungguhnya masih banyak bentuk lain yang tidak kalah unik, seperti Ketupat Sari yang menyerupai segitiga sama sisi, Ketupat Sidapurna yang menyerupai huruf P terbalik, dan Ketupat Tumpeng yang menyerupai kerucut.  

Bukan hanya berkaitan dengan Idul Fitri

Photo Source :yeni_a.m

Selama ini, Ketupat lebih identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Padahal, Ketupat juga hadir dalam hari besar agama lain, seperti Kuningan yang dilaksanakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu di Bali.

Tidak hanya berteman dengan opor

Photo Source :nelzajamal

Masyarakat Indonesia umumnya memadukan Ketupat dengan opor dan rendang saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun di daerah lain, seperti Nusa Tenggara Barat, ketupat justru disandingkan dengan plecing kangkung dan ayam taliwang.

Want to keep updatedabout food?
Be part of our community and get the latest food trends in town!