Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Sigit Prasetyo

Sigit Prasetyo

Eet smaklijk!!

Bukanlah hal yang sulit untuk mencari informasi dan referensi ilmu soal makanan. Kamu bisa berselancar di dunia maya untuk melihat tulisan dari para food blogger yang tidak terhitung jumlahnya.

Pun begitu halnya dengan buku resep, kuliner, akun sosial media yang khusus mengulas makanan, website, sampai program acara televisi.

Tidak cuma itu, penikmat kuliner juga bisa menuntaskas keingintahuan soal makanan dengan membaca novel. Menjelang akhir pekan, Qraved berikan rekomendasi lima novel soal makanan yang bisa kamu nikmati sembari bersantai.

1. The Debt to Pleasure

Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Photo source: Pebbles + Pomegranate Seeds

Bagi Qraved, buku ini adalah buku kuliner yang paling komplit. Sang pengarang, Jhon Lanchester, mampu menggabungkan sebuah catatan perjalanan, sejarah, resep, dan juga teka teki. Saat membaca buku ini, kita seakan diajak plesiran ke Porstmouth, Inggris, sampai ke kawasan Selatan Prancis mengikuti perjalanan Tarquim Winot, sang tokoh utama.  Di buku ini juga, kita akan mendapat cerita naratif yang terperinci tentang peach, egg curry, prawn curry, sampai bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah makanan. Benar-benar komplit.

2. The Last Chinese Chef

Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Photo source: Pebbles + Pomegranate Seeds

Buku yang satu ini adalah buku bacaan wajib untuk kamu pecinta Chinese Food. Pasalnya, lewat buku ini Nicole Mones, sang pengarang, akan mengajak kita untuk mengerti tentang seluk beluk makanan-makanan Tiongkok lewat cerita seorang wartawan yang ditugaskan untuk melakukan investigasi yang meninggal di Beijing. Yang pasti, kamu bakal tercengang saat disuguhi berbagai informasi soal menu Tionghoa yang selama ini mungkin belum banyak dikenal orang.

3. St. Burl’s Obituary

Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Photo source: Shop Now – Ephemeritor

Buku karangan Daniel Akst ini bercerita tentang seorang jurnalis yang berbadan bongsor dan terjebak dalam sebuah kasus pembunuhan. Namun yang paling menarik perhatian, buku yang mengambil setting di Amerika Serikat ini akan memberimu gambaran tentang makanan Barat secara terperinci. Dijamin bikin pembacanya lapar dan membayangkan betapa enaknya makanan-makanan yang ada di dalam buku ini.

4. Gourmet Rhapsody

Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Photo source: Essence by Chocolate

Beralih ke buku ini, kamu akan menikmati cerita tentang kritikus makanan tua. Sang pengarang, Muriel Barbery, mengisahkan kesedihan dan momen intropeksi sang kritikus. Dalam masa itu sang tokoh utama memutar kembali ingatannya tentang santapan-santapan yang pernah dinikmatinya. Deskripsinya secara detail mengungkap soal kelebihan dan juga kekurangan cita rasa makanan. Sangat cocok untuk kamu yang punya lidah kritis.

5. The Particular Sadness of Lemon Cake

Wajib Baca: 5 Novel Terbaik Tentang Makanan

Photo source: stumblingintoparadise

Nah, yang terkahir ini adalah sebuah buku fiksi yang lahir dari sebuah ide brilian dan tidak murahan. Kita akan dibuat penasaran oleh alurnya yang naik-turun. Dalam buku ini, Aimee Bender, bercerita tentang seorang tokoh yang sedari kecil bisa merasakan emosi dan juga perasaan para pembuat makanan. Sang tokoh seakan mampu bercerita, bahwasanya makanan yang tersaji di meja adalah sebuah representasi perasaan dari sang pembuatnya. Lalu, kemampuan semacam six senses itu berlajut sampai ia tumbuh dewasa dan akhirnya membutnya takut untuk jatuh cinta. Hah? Bagaimana bisa?

Let us know what you think?

  • Post Comment
    Cancel