Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Gak Kalap Makan Saat Lebaran

Iqra RabikaIqra Rabika
Tips Gak Kalap Makan Saat Lebaran - Main Photo
bacaini
Lebaran udah di depan mata nih, pasti kamu bakalan merayakan lebaran dengan acara kumpul keluarga. Acara kumpul-kumpul gak akan seru kalo gak ada makanan-makanan kayak opor ayam, rendang, sambal ati, sayur labu, hingga es cendol yang manis. Emang sih, makanan pas lebaran itu enak semua tapi jangan sampe puasa kamu sebulan jadi sia-sia karena satu hari kalap makan.

Makan Dalam Porsi Kecil

2
Photo Source:  analisadaily
Makan dengan porsi yang lebih kecil ini perlu banget kamu terapin biar perut kamu gak kaget abis sebulan penuh berpuasa. Caranya, kamu bisa menggunakan piring atau mangkok yang lebih kecil agar makanan yang kamu ambil juga jadi lebih sedikit. Kalau gak ada piring yang lebih kecil, kamu harus bisa ya batasi porsi makan kamu.

Makanan Berserat

3
Photo Source:  nuripurwati
Sebelum makan kamu bisa coba untuk makan buah-buahan yang kaya akan serat terlebih dahulu, jadi nanti pas makan besar perut kamu udah lebih kenyang dan gak bakalan deh kalap.

Kurangi Cemilan

4
Photo Source:  croissyanallise
Saat lebaran mama kamu pasti banyak menyediakan cemilan-cemilan kayak kue kering di meja ruang tamu. Nah, cemilan ini nih yang harus kamu kurangi makannya karena kue kering yang rasanya manis ini bakalan bikin kamu cepet laper. Jadi pas waktu makan besar kamu jadi kalap deh.

Banyak Minum Air Putih

5
Photo Source:  claudiasolano
Gak hanya kue kering yang banyak tersaji di meja saat lebaran, kadang minuman manis kayak sirup, cendol, dan lain-lain juga pasti ada tuh. Agar berimbang, jangan hanya minum minuman manis aja, kamu harus tetap mengkonsumsi air putih biar tubuh kamu gak dehidrasi, dan juga gak bikin kamu cepet laper. 

Mengatur Makanan Sesuai Kunjungan

6
Photo Source:  anakui
Kalo kamu saat lebaran nanti bakalan banyak berkeliling ke rumah saudara-saudara, kamu bisa coba mengatur makanan kamu sesuai dengan kunjungan. Misalnya di rumah paman kamu makan cemilan, di rumah bibi kamu makan opor ayam, dan di rumah kakek nenek kamu makan es cendol. Jadi kamu gak makan secara berlebihan.