Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tempat Wajib Kunjung Buat yang Berwisata Kuliner Ke Cirebon

Iqra RabikaIqra Rabika
Tempat Wajib Kunjung Buat yang Berwisata Kuliner Ke Cirebon1
kulinerjabodetabek
Tidak hanya dengan perayaan pesta, akhir tahun juga bisa dijadikan momen liburan agar tubuh dan pikiran terasa fresh kembali di tahun yang baru. Berhubung hari libur di akhir tahun ini tidak banyak, lebih baik jalan-jalan ke tempat yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Cirebon, misalnya! Kota yang kini bisa ditempuh dengan durasi 4 jam dari ibu kota ini tidak hanya punya banyak wisata yang seru, tapi juga punya wisata kuliner yang bisa bikin perut kamu jadi puas dan kenyang. Nah, makanan apa saja ya, yang harus kamu coba saat liburan ke Cirebon? Baca terus artikel Qraved ini, ya!

Empal Gentong

2
Photo Source:  Just Try & Taste
Empal Gentong memang jadi makanan yang wajib kamu coba saat berlibur di Cirebon. Potongan daging sapi dan jeroan dengan kuah kuning kental memang sangat menggoda selera. Ditambah dengan potongan lontong bakalan membuat makan makin semangat. Nah, cicipi deh Empal Gentong H. Apud yang ada di Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat – Tengah Tani, Telp: 0231 – 211 055. Harga menu di sini juga cukup hemat, cuma sekitar Rp22 ribu. 

Nasi Jamblang

3
Photo Source:  Sebandung.com
Nasi Jamblang juga salah satu makanan yang sudah lumayan populer untuk dicoba saat ke Cirebon. Nasi yang dibungkus dengan daun jati dan menggunakan berbagai lauk ini pasti membuat kamu kalap, karena punya banyak sekali pilihan lauk yang bisa kamu pilih. Mulai dari tumis cumi hitam sampai, limpa sapi bisa jadi pilihan lauk kamu, ditambah dengan sambal yang khas bikin makan makin mantap. Nah, coba aja kamu datang ke Nasi Jamblang Ibu Nur di  Jl. Cangkring II No. 34, Kejaksan, Cirebon, Telp:  0231- 234 373 yang buka dari jam 7 pagi hingga 10 malam.

Mie Koclok

4
Photo Source:  dhanysaptari
Sudah puas dengan Empal Gentong dan Nasi Jamblang, saatnya beralih ke makanan yang cocok buat kamu makan di malam hari yaitu Mie Koclok. Memiliki kuah putih yang kental gurih dengan potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang bakalan membuat malam jadi lebih hangat. Nah, kalau ingin mencoba arahkan saja kaki ke Mie Koclok Pak Edi di Jl. Lawang Gada, Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon, Telp: 0813-9550-4920 yang buka dari jam 5 sore hingga 11 malam.

Tahu Gejrot

5
Photo Source:  ResepMembuat.Com
Kalau makanan yang satu ini pasti kamu semua rata-rata sudah pernah mencoba, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba makanan ini di kota asalnya. Tahu dengan kuah manis gurih yang pedas memang bikin ketagihan, makanya jangan lupa untuk mencicipi Tahu Gejrot yang bisa kamu temui saat ke Cirebon. Dan menurut rekomendasi, kamu bisa mengarah ke Pasar Kanoman, karena di sini ada Tahu Gejrot Wardi yang terkenal enak. 

Docang

6
Photo Source:  endah.ienk
Docang, nama makanan yang satu ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan Nasi Jamblang ataupun Empal Gentong. Tapi asal kamu tahu, rasanya sebenarnya tidak kalah dibandingkan dua makanan favorit itu. Docang ini merupakan lontong yang dicampur dengan daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk serta sambal docang. Nah, campuran tersebut lalu disiram dengan kuah panas yang terbuat dari bumbu rempah, dan juga oncom. Kalau penasaran kamu bisa langsung datangi sekitar Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi untuk merasakan sensasi gurih, pedas, dan segar dari Docang.

Nasi Lengko

7
Photo Source:  kulinerjabodetabek
Selanjutnya, ada nasi yang mirip dengan nasi pecel nih namanya Nasi Lengko. Nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai. Kalau tidak suka pedas, kamu bisa minta kurangi cabainya kok. Coba saja langsung cicipi di Nasi Lengko H. Barno yang ada di Jl Pagongan No.15B, Pekalangan - Pekalipan, Cirebon, Telp : 0231-  210 064.

Sate Kalong

8
Photo Source:  saegaleri
Mungkin mendengar namanya kamu sudah ogah duluan untuk mencoba Sate Kalong ini. Tenang saja, sate ini tidak sungguhan dari daging kalong kok, melainkan terbuat dari daging kerbau. Sate ini jadi sangat enak karena sebelum dibakar, dagingnya sudah direndam terlebih dahulu di bumbu rempah, lho. Kalau mau coba, wajib mampir nih ke daerah Pasar Kanoman karena di sini banyak yang menjual Sate Kalong.