Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tak Selamanya Sarapan Itu Penting

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Tak Selamanya Sarapan Itu Penting1
Huffington Post
Untuk kamu yang punya masalah dengan bangun pagi, sarapan kerap dianggap tidak terlalu penting.

Tapi di sisi lain, ada juga yang merasa lemas dan tidak bersemangat tanpa sarapan terlebih dulu. Sejumlah pakar kesehatan pun mengklaim kalau sarapan adalah sumber energi awal, membantu diet, juga metabolisme.

Yang mengejutkan Dr. John Berardi, Ph.D., Co Founder dari Precision Nutrition, menyebutkan fakta kalau banyak juga orang yang tak mengawali hari dengan sarapan, namun kesehatan maupun aktivitasnya tetap baik-baik saja.

Lantas, seberapa pentingkah sarapan sebenarnya?  

1. Tak Adanya Korelasi antara Sarapan dan Metabolisme

Banyak yang bilang, tanpa sarapan, sistem metabolisme tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik. Padahal, tidak begitu adanya. Tak ada korelasi pasti antara sarapan dengan metabolisme tubuh. Karena, keberlangsungan metabolisme tubuh dipengaruhi oleh asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, dan bukan hanya terpaku pada sarapan.

2. Tanpa Sarapan, Sel-sel Tubuh Bekerja Lebih Baik

Ketika kamu tidak sarapan, maka, sebenarnya kamu sedang melatih insulin. Saat seseorang absen sarapan, maka kadar insulin dalam darah akan berkurang, sehingga kadar gula dalam darah bisa dikendalikan. Dengan demikian, regenerasi sel-sel dalam tubuh akan berjalan lebih baik, dan lemak dalam tubuhpun akan cepat terbakar.

3. Menurunkan Asupan Karbohidrat

Di sisi lain, sudah menjadi hal yang wajar kalau saat sarapan, kita pasti akan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Pemilihan makanan sarapan yang semata "asal kenyang" pun malah berisiko menambah kadar karbohidrat dan kalori terlalu banyak yang juga menambah risiko kenaikan berat badan. Sementara saat kamu melewatkan sarapan, secara tidak langsung juga termasuk cara mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh.

4. Mengistirahatkan Tubuh

Sarapan sama halnya dengan memaksa tubuh untuk bekerja di pagi hari. Padahal, pada dasarnya kita tak pernah tahu, apakah tubuh kita benar-benar butuh asupan tersebut atau tidak. Oleh karena itu, dengan tidak sarapan, itu berarti kamu tidak akan memaksa tubuhmu untuk bekerja terlalu dini.

5. Memperbaiki Pola Makan

Selain itu, tidak sarapan juga bisa memperbaiki pola makanmu. Dalam artian, saat kamu tidak sarapan, sebenarnya, secara tidak sadar kamu sedang melatih perut untuk menahan lapar lebih lama. Dan ketika perutmu sudah terbiasa untuk kebal terhadap rasa lapar yang cukup lama, itu artinya pola makanmu akan terjaga. Efeknya, pola tersebut juga bisa membantu menjaga berat badan dan bentuk tubuh.