Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Shabu-Shabu 101: Cara Benar Makan Shabu-Shabu Ala Osaka

Audrey AndiniAudrey Andini
Shabu-Shabu 101: Cara Makan Shabu-Shabu Ala Osaka1
Shutterstock
Cara makan shabu-shabu yang dimulai dengan meracik dan memasak sendiri memang terkesan menyenangkan bagi para penggemarnya. Namun ternyata, shabu-shabu tidak boleh asal masak. Ada urutan dan tata cara memasak dan menikmati hidangan nabemono atau Japanese hot pot ini. Berasal dari Osaka tahun 1950-an, berikut teknik memasak dan menikmati shabu-shabu sesuai tradisi.

Rebus Kaldunya Perlahan

2
Photo Source:  chichilicious
Pertama-tama, pelayan akan membawakan sepanci kaldu. Tutup pancinya dan biarkan kaldunya mendidih dengan perlahan. Jangan nyalakan api terlalu panas. Jangan samakan kaldu ini dengan sup ya. Tunggu saat bisa sampai daging kamu datang untuk menikmatinya. 
Saat kamu makan nanti, mungkin pelayan akan menambahkan air putih ke dalam kaldu kamu. Ini bukan karena mereka tidak mau menambahkan kaldu, namun karena air menguap dan kaldunya tetap ada di dalam panci. Jika pelayan menambahkan kaldu lagi nanti rasanya akan berubah dan merusak keseimbangan.

Masukan Sayuran Untuk Penambah Rasa

3
Photo Source:  fae-magazine
Langkah selanjutnya adalah memasukan sayuran ke dalam panci sebentar saja untuk menambahkan rasa dari kaldu kamu. Jangan terlalu lama memasak sayurannya karena hanya membutuhkan beberapa detik untuk memasak sayuran berdaun. Sementara untuk wortel, bok choy, dan kol hanya membutuhkan 3 menit. 

Celupkan Daging Ke Dalam Kaldu Sebentar

4
Photo Source:  joonshabushabu
Setelah memasak sayuran, baru celupkan daging dengan menyeret daging dengan sumpit ke kiri dan kanan dalam sup. Jangan menjatuhkan dan merendam daging ke dalam kaldu. Karena daging shabu-shabu yang tipis memang dimaksudkan untuk dicelup sebentar saja sekitar 10 detik. Nama shabu-shabu saja secara harfiah berarti swish-swish dalam bahasa Inggris.
Menikmati shabu-shabu sama halnya seperti fondue. Masak dan langsung nikmati dagingnya. Jangan memasak banyak daging, lalu dibiarkan dan dinikmati kemudian. Sebab ini akan mempengaruhi cita rasanya. 

Jangan Merendam Daging Dalam Saus

5
Photo Source:  brothshabu
Agar tidak kehilangan rasa daging dan kaldu, jangan rendam daging ke dalam saus. Celupkan secukupnya lalu nikmati bersama sayuran dan nasi.