Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Salah Kaprah Gaya Hidup Sehat

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Salah Kaprah Gaya Hidup Sehat1
satu jam
Gaya hidup sehat adalah dambaan semua orang. Atas nama menjaga kesehatan banyak orang ini dan itu, ataupun menjaga pola makan. Padahal, di sisi lain, banyak yang dilakukan oleh kita yang bermaksut menjaga kesehatan itu salah. Dan, ironisnya, banyak dari mereka ga sadar, kalo yang mereka lakukan itu ternyata salah. Lantas, hal-hal apa saja yang salah dari gaya hidup sehat?

1. Penggunaan Suplemen yang Terlalu Banyak

2
Photo Source:  Health - Kompas.com
Demi menjaga kesehatan, banyak dari kita yang rela untuk membeli suplemen. Bahkan, ga sedikit yang harganya mahal. Oke, suplemen emang bagus buat kesehatan tubuh. Tapi, menurut University of Eastern Finland, ternyata mengkonsumsi suplemen secara berlebihan juga akan memperbesar resiko meninggal dunia karena kelebihan kandungan zat besi.

2. Penggunaan Antibiotik yang Terlalu Sering

3
Photo Source:  kompas
Penggunaan antibiotik memang baik. Tapi, penggunaan antibiotik yang sedikit lebay --kalau sakit sedikit minum antibiotik-- juga ga bagus. Soalnya, dengan meminum antibiotik, itu artinya kita juga membantu kuman dalam tubuh untuk jadi semakin kuat.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

4
Photo Source:  satujam
Banyak orang yang terlalu fokus untuk menjaga kesehatan ataupun berat badannya. Sehingga mereka hanya mengkonsumsi karbohidrat saja. Memang, mengkonsumsi karbohidrat baik seperti kacang-kacangan ataupun biji-bijian sangat baik bagi tubuh. Yang kemudian salah adalah, ketika orang hanya mengkonsumsi karbohidrat dan kemudian mengacuhkan kalori ataupun zat lain yang sebenarnya juga baik bagi tubuh.

4. Cemilan Rendah Kalori di Malam Hari

5
Photo Source:  vemale
Dengan alasan ingin sehat dan menjaga berat badan tubuh (juga), banyak orang yang memilih untuk ngemil cemilan rendah kalori ketimbang makan malam. Memang, cemilan rendah kalori itu baik. Namun, yang perlu diperhatikan, cemilan semacam itu ga cukup baik kalo dimakan di malam hari. Toh, lagipula, yang jumlahnya sedikit, kalo dimakan terlalu intens juga akan menjadi banyak.

5. Terlalu Takut pada Kuman

6
Photo Source:  Rumah Raza
Mencuci tangan sebelum makan ataupun setelah melakukan aktifitas itu juga baik. Tapi, semakin intens kamu cuci tangan, hal itu juga akan mematikan kuman baik yang ada pada makanan ataupun tangan. Dan ketika kuman-kuman baik ini mati, maka sistem imun dalam tubuh pun akan sedikit terganggu.

6. Terlalu Sering Check-up

7
Photo Source:  Go Red For Women
Karena takut terjadi sesuatu, maka kamu terlalu sering melakukan check-up. Padahal langkah ini juga salah. Karena, biasanya kalo check-up kita pasti di-rontgen. Dan sinar rontgen ini jelas ga bagus buat tubuh.