Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Perut ke Perut : Indonesia vs Vietnam

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Perut ke Perut : Indonesia vs Vietnam - Main Photo
Perut ke Perut : Indonesia vs Vietnam
Indonesia akan bertemu Vietnam di semifinal AFF 2016. Bisa dibilang, partai ini adalah partai klasik. Maklum keduanya memang menjadi musuh bebuyutan pada dekade 90-an. Namun, sejatinya, persaingan antar keduanya tak hanya terjadi  di atas lapangan hijau saja. Di meja makan pun keduanya sama-sama bersaing, mengingat, baik Indonesia maupun Vietnam punya makanan-makanan yang sudah go internasional. Dan, jika head to head para pemain dari kedua tim sudah jadi bahan perbincangan para jurnalis sepakbola, kali ini Qraved ingin menelisik persaingan keduanya di atas meja makan.
Perut ke Perut : Indonesia vs Vietnam2
Photo Source:  Qraved Team

1. Bakso vs Pho

Di kelas makanan berkuah ini, Indonesia punya bakso sebagai wakilnya. Sedangkan Vietnam punya Pho Beef. Cukup sulit untuk menentukan mana yang lebih enak. Karena keduanya memang punya kuah yang gurih dan juga ada bakmi yang bisa mengenyangkan. Yang kemudian membedakan keduanya adalah olahan dagingnya. Kalau bakso adalah olahan daging yang digiling, sedangkan Pho biasanya menggunakan irisan daging.

2. Martabak Manis vs Ban Xeo

Selanjutanya, Indonesia punya martabak manis. Dan sebagai lawannya, ada Ban Xeo. Keduanya bisa dikatakan sebagai makanan kecil. Yang kemudian membedakan adalah martabak manis punya rasa manis yang kuat, sedangkan ban xeo lebih cenderung asin. Di kelas ini, martabak manis bisa sedikit lebih unggul, karena toppingnya bisa dikreasikan sesuai keinginan kita. Sedangkan ban xeo "mentok" dengan isi sayurannya.

3. Martabak Asin vs Gau Con

Di sisi lain, martabak asin, tampaknya pas jika beradu dengan Gau Con, karena keduanya punya ciri khas berupa rasa asin dan isinya sayuran. Gau con ini sebenarnya lebih mirip lumpia dengan memakai saus tambahan. Sedangkan martabak manis, ya, kita semua sudah tahu bagaimana rasa dan bentuknya. Perbedaan mencolok antar keduanya adalah kreasinya. Martabak manis sudah dikreasikan dengan keju mozzarella, sedangkan gau con, sejauh ini belum punya inovasi yang cukup signifikan. 

4. Rendang vs Ga Nuong

Baik rendang maupun ga nuong, sama-sama merupakan olahan daging. Tapi, lagi-lagi, harus diakui, bahwa masakan Indonesia lebih unggul ketimbang masakan Vietnam. Lantaran olahan daging Indonesia, rendang, punya bumbu yang lebih kompleks dan punya aroma rempah yang benar-benar kuat.

5. Nasi Goreng vs Bahn Mi

Di kelas makanan yang mengenyangkan, Indonesia punya salah satu makanan paling mengenyangkan dan enak, nasi goreng. Sedangkan Vietnam, ada Bahn Mi. Keduanya memang mengenyangkan. Namun, yang kemudian membedakan adalah bahandasarnya. Bahn Mi, menggunakan bahan dasar roti --hal ini dikarenakan bahn mi sendiri lebih mirip seperti sandwich--, sedangkan nasi goreng, jelas menggunakan nasi. Di sisi ini, Indonesia juga masih menang, karena porsinya lebih banyak dan juga toppingnya bisa lebih variatif.