Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya

Iqra RabikaIqra Rabika
Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya 1
jktfoodbang
Hari kemenangan, momen silaturahmi dan bermaaf-maafan, juga pesta makanan. Itulah yang menggambarkan suka cita lebaran. Dan nggak cuma itu, banyak kaum muslim yang juga memanfaatkannya untuk mudik alias pulang ke kampung masing-masing. Bagi kamu yang berada di ibukota, oleh-oleh ini bisa nih kamu jadikan buah tangan untuk kamu bawa ke kampung. 

Bir Pletok

Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya 2
Photo Source:  Tribunnews.com
Walau namanya bir, tapi bir pletok ini bukan minuman beralkohol lho. Minuman ini justru terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahedaun pandan wangi, hingga serai yang bikin rasanya jadi agak hangat dengan wangi yang khas. Wah, cocok kan buat oleh-oleh pas mudik nanti?

Biji Ketapang

Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya 3
Photo Source:  Serba Serbi Kuliner Jakarta
Biji ketapang ini nggak terbuat dari buah ketapang kok. Namun karena bentuknya yang kecil-kecil, makanya disebut biji ketapang.  Kue kering ini biasanya disajikan di meja rumah orang Betawi dan dibuat menggunakan keju yang menjadikannya gurih.

Dodol Betawi

Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya 4
Photo Source:  9news
Dodol memang ada di berbagai wilayah Indonesia, tapi dodol khas Betawi ini punya warna cokelat kehitaman yang dibuat dari ketan, gula merah, gula pasir dan juga santan yang diaduk jadi satu diatas tungku menggunakan kayu bakar yang menjadikan rasanya legit dan unik.

Kembang Goyang

Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik Hari Raya 5
Photo Source:  IndonesiaKaya.com
Nah, salah satu yang bisa kamu bawa untuk dijadikan oleh-oleh dari Jakarta adalah kembang goyang. Jajanan tradisional khas Betawi ini terbuat dari tepung beras dan punya tekstur yang renyah begitu digigit. Cocok kan buat cemilan keluarga pas Lebaran di kampung?

Kue Kekinian

Pablo Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik6View All Photos
Photo Source: 
Salah satu hal yang bisa kamu dapatkan di ibukota dan akan susah di kampung adalah kue kekinian. Nah, makanya begitu akan pulang kampung, kamu bisa bawakan keluarga kue kekinian seperti Pablo yang merupakan Japanese cheese cake yang susah untuk didapatkan di kampung halaman. 
Hottopan Oleh-oleh dari Ibukota Untuk Dibawa Mudik7View All Photos
Photo Source:  jktfoodbang
Selain Pablo, kue bolu beng-beng dari Hottopan juga bisa jadi salah satu pilihan yang bisa dijadikan oleh-oleh keluarga di kampung. Selain rasanya yang unik, kue ini juga lebih tahan lama dan manisnya bisa bikin keluarga kamu bahagia, deh!