Menu Buka Puasa Tradisional dari Berbagai Negara di Dunia

Berbuka puasa adalah salah satu aktivitas yang paling meriah. Kamu bisa lihat kan, dimana-mana pasti banyak yang menawarkan berbagai jenis makanan di pinggir jalan untuk berbuka puasa. Walaupun kadang melelahkan karena harus berdesakan, kegiatan hunting jajanan buka puasa ini juga bikin excited. Apalagi kalau kamu menemukan jajanan yang memang sudah kamu incar.

Dan jangan salah, di negara lain juga suasananya bisa dibilang serupa. Jajanan dan menu tradisional jadi andalan untuk berbuka puasa. Qraved merangkum daftar berisi beberapa negara yang punya makanan tradisional yang khusus disajikan untuk berbuka puasa. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu yang bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Sri Lanka

Photo source: srilankancuisine

Berbuka puasa di Sri Lanka bisa jadi pengalaman unik, karena mereka biasanya berbuka puasa dengan buah segar yang dilanjutkan dengan cold sherbet. Untuk makanannya, mereka punya Kanji yang disajikan dengan sambal. Sajian roti bernama Adik Roti juga nggak bisa dilupakan. Adik Roti merupakan pancake dalam versi tradisional Sri Lanka.

Sudan

Photo source: mariliabakeoff

Para Muslim di Sudan biasanya berbuka puasa dengan teh lokal dan menyiapkan yogurt tradisional sebagai pendamping. Salah satu sajian yang paling penting di Sudan adalah Aseeda, yang merupakan adonan dari tepung gandum disajikan bersama madu atau butter.

Turki

Photo source: ugurvolkanuysal

Ada banyak makanan khas Turki yang jadi santapan wajib saat bulan Ramadan tiba. Biasanya dimulai dengan sup tradisional bernama Iftariye. Salah satu menu wajib yang cukup terkenal adalah Borek, kue kering berlapis yang diisi dengan daging, keju atau bayam. Berbagai jenis kebab juga hadir sebagai sajian berat termasuk Adana Kebab dan Testi Kebab. Untuk dessert, Turki punya sajian paling manis bernama Gullac.

Maroko

Photo source: choumicha_chafay

Maroko punya cara yang cukup sederhana untuk berbuka puasa, hanya dengan kurma, susu, jus dan manisan atau sweets. Untuk menu beratnya, di Maroko ada sajian sup bernama Harira yang kadang bisa disajikan bersama roti dengan isian telur, daging atau seafood.

Iran

Photo source: blueapron

Teh manis dan naan paneer adalah sajian yang cukup populer di Iran untuk berbuka puasa. Yang nggak kalah terkenal selain menu tersebut adalah Ash Rashteh yang merupakan sup kental yang terbuat dari nasi dan kacang lentil.

Mesir

Photo source: Saveur

Sajian terkenal dari Mesir bernama Foul Medames ternyata merupakan hidangan yang digunakan oleh banyak orang untuk berbuka puasa. Tidak hanya itu, Qamar al Deen yang terbuat dari aprikot kering juga cukup populer untuk berbuka puasa, layaknya kurma dan susu. Untuk menu berat, ada sejumlah hidangan yang digunakan mulai dari Baklawa hingga Katayif.

Lebanon

Photo source: sugarpeppercooks

Di Lebanon, banyak makanan yang berkaitan dengan hummus. Salah satu yang cukup terkenal adalah Mezze yang merupakan daging cincang disajikan dengan naan.

Jordania

Photo source: Jordanholidays

Yogurt cair adalah sajian buka puasa populer di Jordania, yang juga disajikan dengan sup dan jus. Hidangan berat mereka biasanya adalah Mansaf yang dimasak bersama yogurt. Terdiri dari daging domba yang bercampur baur dengan berbagai rempah, Mansaf biasanya disajikan dalam porsi besar. Fatoush yang merupakan sejenis salad juga menjadi favorit di Jordania.

Pakistan

Photo source: 1mrecipes

Bisa ngebayangin pas kamu lagi nyari jajanan buat buka puasa terus sering nemu berbagai jenis gorengan? Nah di Pakista, konsepnya bisa dibilang serupa namun yang menjadi incaran adalah samosas. Samosas adalah puff pastry yang diisi dengan daging atau sayuran. Kurang lebih seperti pastel.

India

Photo source: youthconnect

Sebagai negara dengan dunia kuliner yang kaya banget, sayang rasanya kalau melewatkan India. Di negara ini, kebanyakan Muslim tinggal di Hyperabad yang gemar berbuka puasa dengan Haleem. Yang membuat Haleem istimewa adalah sajian daging dombanya yang melimpah.

Let us know what you think?

  • Post Comment
    Cancel