Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Makanan dengan topping keju itu emang enak luar biasa. Dan, hal itu ga perlu diperdebatkan lagi.

Tapi, banyak orang ga tau, soal keju apa yang mereka makan ataupun yang dipakai buat topping sebuah makanan. Banyak orang juga yang berfikir bahwa semua keju itu sama saja. Padahal, keju sendiri punya banyak jenis. Dan masing-masing keju itu sendiri punya kegunaan yang ga sama kayak yang lain.

1. Keju Cheddar

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Brennan’s Market

Keju yang berasal dari Inggris ini adalah keju yang paling banyak kita temui di Indonesia. Kecu yang punya ciri-ciri berwarna kuning pucat ini, biasanya digunakan sebagai isian burger ataupun topping martabak manis.

2. Keju Mozzarella

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Serious Eats

Karena keju ini berasal dari Italia, maka biasanya keju yang punya kandungan lemak sekitar 40-50% ini digunakan sebagai topping makanan-makanan a la Italia, seperti pizza ataupun spagetti. Ciri khas keju yang satu ini adalah punya rasa gurih yang kuat, lantaran dibuat dari susu sapi segar.

3. Keju Ricotta

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: www.reference.com

Ricotta juga berasal dari Italia. Bedanya, keju yang satu ini dibuat dari dadih sisa pembuatan keju lain yang kemudian diolah lagi. Keju yang punya tampilan berwarna putih dan juga punya rasa yang cenderung manis ini, biasanya dijadikan topping lasagna.

4. Keju Emmental

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Gourmet Egypt

Keju Emmental ini merupakan salah satu keju yang sering kita lihat. Soalnya, keju ini sering muncul di film Tom and Jery. Ya, keju asal Swiss ini emang punya ciri khas adanya bagian berlubang pada permukaannya.

5. Keju Edam

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Stefas Mediterranean Products

Kalo keju yang satu ini berasal dari Belanda. Edam. Keju yang dibuat dari susu sapi yang dipasteurisasi ini memang lebih padat jika dibandingkan dengan keju-keju yang lainnya. Di Belanda sendiri, keju ini biasanya digunakan sebagai isian sandwich ataupun dimakan langsung.

6. Keju Stilton

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Sealed Fresh

Sama halnya dengan edam, keju stilton ini juga dibuat dari susu yang dipasteurisasi. Secara tampilan, keju ini mempunyai tampilan kuning dengan corak kebiru-biruan. Warna biru yang ada dikarenakan adanya penambahan jamur pada keju tersebut.

7. Keju Camembert

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Wikipedia

Kalo camebert ini berasal dari Perancis. Keju yang satu ini cukup unik, karena di dalam keju yang bertekstur lembut ini ada krim sus-nya yang bisa kita makan secara langsung.

8. Keju Manchego

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Spain@M | Tourist information about everything Spain

Manchego ini tidak dibuat dari susu sapi, melainkan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi. Keju yang punya tekstur padat seperti lilin dan berasal dari Spanyol ini (biasanya) dengan mudah kita temui pada berbagai makanan-makanan khas Spanyol.

9. Keju Parmesan

Mengenal Jenis Keju dan Kegunaannya

Photo source: Today.com

Nah, parmesan. Salah satu keju yang sangat mudah kita temui juga. Keju yang berasal dari Italia ini sebenarnya punya tampilan yang ga jauh beda dengan edam. Bedanya, kalo parmesan ini punya lubang-lubang kecil sebesar jarum pada permukaannya. Terus, keju ini, dalam penggunaannya biasanya diparut terlebih dahulu sebelum dijadikan topping.

Let us know what you think?

  • Post Comment
    Cancel