Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu!

Karina MarpaungKarina Marpaung
Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu! 1
elevate.com.au
Tak terasa, Idul Fitri tinggal menghitung hari. Beragam persiapan tentu sudah mulai dilakukan, salah satunya adalah menyiapkan ragam jenis makanan guna menjamu sanak saudara yang akan menjalin silaturahmi. Dari sekian banyak makanan dengan tampilan menggiurkan, tersimpan makanan-makanan dengan kandungan membahayakan. Daripada hari raya berubah menjadi petaka, lebih baik simak dulu rangkuman tentang beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membeli makanan jelang Idul Fitri berikut ini. 

Tanggal kedaluarsa

Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu! 2
Photo Source:  @batnellios
Ketika membeli makanan dalam kemasan, tak banyak orang yang jeli memperhatikan tanggal kedaluarsa. Hal ini seringkali dimanfaatkan oleh para “penjual nakal” untuk menjajakan makanan kedaluarsa untuk meraup keuntungan besar. Padahal, makanan kadalurasa sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, mulai sekarang jelilah sebelum membeli makanan dalam kemasan agar benar-benar layak untuk dikonsumsi. 

Izin Edar

Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu! 3
Photo Source:  @bpom_ri
Sebelum dapat beredar di pasaran, setiap makanan dalam kemasan harus memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Izin edar tersebut biasanya tercantum dalam bentuk kode yang diawali dengan tulisan “BPOM RI”, diikuti dengan 2 huruf kode asal makanan serta 12 digit angka kode kemasan. Jika kamu tak berhasil mendapati kode semacam itu dalam kemasan makanan yang hendak kamu beli, kamu patut mewaspadainya karena makanan tersebut kemungkinan besar beredar tanpa izin resmi dari pemerintah.

Kandungan makanan

Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu! 4
Photo Source:  @lowproteinlife
Kandungan nutrisi menjadi hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan sebelum membeli makanan. Jika rincian kandungan nutrisi tidak tercantum dalam kemasan makanan, kamu wajib mewaspadainya. Kamu pun patut waspada ketika hendak membeli bahan makanan di pasar tradisional. Dalam hal ini, kamu dapat mengandalkan kemampuan penglihatanmu. Apabila makanan memiliki warna terlalu cerah atau tidak dihinggapi lalat, mungkin saja makanan tersebut diberi bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh, seperti formalin atau pewarna tekstil Rhodamin.

Segel kemasan

Mau Beli Makanan Buat Persiapan Lebaran? Cek Ini Dulu! 5
Photo Source:  _mssk__
Kemasan yang rusak tentu akan mengurangi kualitas makanan yang berada di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan apakah makanan yang hendak kamu beli benar-benar berada dalam kemasan yang layak atau tidak. Jika segel rusak atau kemasan telah terbuka, tentu saja kamu dilarang keras untuk membelinya.