Makanan Khas Daerah yang Nggak Pernah Absen di Meja Pas Lebaran

Lebaran tinggal menghitung hari nih! Dan momen makan besar bersama keluarga menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu. Nah, berikut ini beberapa makanan yang nggak pernah absen kehadirannya pada saat Lebaran dari beberapa daerah. Yang mana nih yang merupakan khas daerah kamu?

Opor Ayam - Jawa Tengah

Photo Source :berbagiresep

Opor ayam yang merupakan makanan khas Jawa Tengah ini, ternyata menjadi salah satu makanan yang hampir nggak pernah absen kehadirannya di meja makan pada saat Lebaran. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain di nusantara dan menjadi makanan yang identik dengan Lebaran. Opor ayam biasanya dinikmati dengan ketupat dan sambal kentangnya. Duh, jadi nggak sabar untuk menikmatinya!

Rendang - Padang

Photo Source :sensorifoods

Makanan yang dinobatkan sebagai hidangan terenak di dunia menurut CNN ini juga nggak pernah absen pada saat Lebaran di Padang nih! Jelas aja, rasanya yang enak cocok banget dipadukan sama ketupat. Tapi kini, nggak cuma di Padang, rendang juga selalu hadir pada saat Lebaran di daerah lainnya.

Pempek - Palembang

Photo Source :lihat resep

Meski dianggap makanan sehari-hari, tapi bagi orang Palembang pempek merupakan makanan wajib untuk ber-Lebaran. Pempek yang dihidangkan pun tersedia dalam berbagai bentuk, ada kapal selam, lenjeran, lengang, hingga tekwan. Di makan bersamaan dengan mie kuning dan bumbu cukanya pasti mantap banget nih!

Burasa - Makassar

Photo Source :money.id

Burasa merupakan makanan khas Makassar yang biasanya dijadikan pengganti ketupat. Sajian ini terbuat dari beras pulen yang dimasak bersama santan kental hingga setengah matang. Burasa biasanya dihidangkan bersama opor dan Coto Makassar.

Selat Solo - Solo

Photo Source :momylicious

Hidangan yang satu ini merupakan perpaduan antara hidangan khas Solo dengan gaya Eropa. Selat Solo disajikan dengan daging sapi, telur, dan bermacam sayuran. Selat Solo terlihat seperti percampuran antara hidangan bistik, salad, dan sup. Hmm, menu komplit untuk merayakan Lebaran nih!

Lomang - Tapanuli Selatan

Photo Source :tokomesin

Lomang merupakan makanan khas Tapanuli Selatan yang biasanya dinikmati pada saat Lebaran. Lomang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dibakar di dalam bambu hingga matang. Lomang pada saat Lebaran dinikmati bersama dengan rendang, telur, hingga sayuran lainnya. 

Want to keep updatedabout food?
Be part of our community and get the latest food trends in town!