Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - Main Photo
brutsellog.nl
Kata buku-buku di sekolah sih, Belanda (lewat kongsi Dagangnya, VOC), selama berabad-abad mengeruk kemudian membawa hasil bumi Indonesia, dan kemudian dibawa dan diperjual belikan di pasar Eropa. Masih, kata buku-buku sejarah di sekolah, Kompeni itu ngambil rempah-rempah yang harganya mahal di Eropa.

Tapi, sebenarnya, ga cuma rempah-rempah doang, yang dibawa --atau bisa juga kita sebut kebawa-- ke Eropa. Selain rempah-rempah, banyak juga makanan-makanan Indonesia yang ikut diboyong ke Belanda. Maklum, meski VOC bukan sepenuhnya milik Kerajaan Belanda, tapi MNC/TNC pertama di dunia itu memang didominasi oleh orang-orang berkewarganegaraan Belanda. 

Nah, selama tinggal dan bekerja di Indonesia, mereka ternyata jatuh cinta sama masakan atau makanan Indonesia. Karenanya, pas mereka pulang ke  Belanda lagi, selain membawa orang Indonesia, orang-orang Belanda juga membawa makanan dari Indonesia. Lalu, makanan apa saja yang "kebawa" Belanda?

1. Nasi Goreng

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - selerasa.com
Photo Source: selerasa.com
Kalo makanan yang satu ini emang udah terkenal banget. Jangankan Belanda, seluruh dunia pun mengakui kelezatan makanan ini.

Dengan banyaknya orang Indonesia ataupun orang Suriname yang tinggal di Belanda, ga mengherankan juga kalo di Negeri Tulip itu, nasi goreng sangat mudah ditemui. Bedanya, kalo di Indonesia, nasi goreng bisa mudah kita temui di jalan-jalan sampai restoran, kalo di Belanda nasi goreng biasanya cuma ada di restoran-restoran tertentu. Harganya pun lumayan mahal.

2. Sambal en Kroepoek

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - www.smulweb.nl
Photo Source: www.smulweb.nl
Selain nasi goreng, seperti yang ada di lirik lagi Gijf Me Maar Nasi Goreng, sambal dan kroepoek juga sangat terkenal di Belanda.

Ya, meski ga terlalu suka sama makanan pedas, tapi semua orang di Belanda tahu sambal. Tingkat kepedasannya jelas berbeda dengan yang ada di Indonesia, bagi mereka satu atau dua cabai saja udah dianggap pedas. Padahal kalo di Indonesia, ada orang yang baru kepedesan kalo udah makan 30 cabai.

Sama halnya dengan sambal, kroepoek juga terkenal di Belanda. Bedanya, ga banyak variasi kroepoek di sana, ga ada krupuk udang ataupun krupuk aci. Yang disebut kroepoek di Negeri Kincir Angin adalah makanan yang tampilannya seperti gambar di atas.

3. Loempia

Makanan Indonesia yang Kebawa BelandaMakanan Indonesia yang Kebawa Belanda - 10xgezonder.nl
Photo Source: 10xgezonder.nl
Loempia. Makanan khas Semarang ini juga sangat mudah ditemui di Belanda sana. Dari mulai di jalan-jalan ataupun restoran. Kalo di jalan-jalan, mungkin yang banyak ditemui adalah Vietnamese Loempia. Tapi, kalo kamu cari di restoran-restoran Suriname, kamu juga akan mudah menemui loempia yang mirip kaya di Semarang kok. 

Vietnamese Loempia dan lumpia yang ada di Indonesia juga tak berbeda jauh, sebenarnya. Dari tampilan sampai isiannya. Soal harga berkisar antara 1-2 Euro, tergantung di kota mana kamu membelinya.

4. Soto

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - Vania Samperuru
Photo Source: Vania Samperuru
Sama halnya dengan nasi goreng, di negeri Belanda, soto juga jadi makanan mewah. Makanan berkuah ini akan sulit ditemui di jalan-jalan, tapi akan sangat mudah kita temui di restoran-restoran, baik di kota besar maupun kota-kota kecil. Hmm... gampangnya, kalo ada restoran Indonesia ataupun restoran Suriname, kamu akan mudah menemukan soto.

5. Sate, Sausnya, dan Bakso

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - brutsellog.nl
Photo Source: brutsellog.nl
Semua orang tahu dan betapa enaknya sate itu. Makanya ga heran kalo makanan ini bikin orang Belanda kepincut, lalu membawanya pulang.

Dan ga cuma sate, bahkan, orang Belanda sana juga berkreasi dengan makanan-makanan Indonesia. Di sana, bakso dipadukan dengan roti dan saus sate. Namanya Broodje bal.

Pemilihan roti sebagai pengganti nasi ini memang didasari di Belanda nasi juga merupakan barang mewah. Lagipula tak banyak orang juga yang suka nasi. Makanya, bagian-bagian terbaik dari makanan Indonesia itu dikombinasikan lalu dikonsumsi secara luas.

6. Mie Ayam

Makanan Indonesia yang Kebawa Belanda - belindomag.nl
Photo Source: belindomag.nl
Ga semua di bagian Belanda ada Mie Ayam, memang, tapi banyak orang Belanda yang mengaku suka dengan makanan olahan mie ini. 

Kalo kamu sedang mampir ke Amsterdam kamu bisa mampir ke Aries Noodles yang ada di Kon. Wilhelminaplein 58, Amsterdam. Di sana, kamu bisa makan mie ayam yang sangat Indonesia banget.