Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Gerai Salted Egg Chicken Nikmat yang Baru Buka di Jakarta Selatan

Judithya PitanaJudithya Pitana
Jajanan Murah Tapi Mewah di Jakarta Selatan1
45374
Pertama kali menghampiri toko ini, Tim Qraved cukup bertanya-tanya. Ada antrian panjang di depan pintu masuknya, mulai dari pekerja kantor hingga petugas Go Food yang sabar menanti giliran membeli. Ternyata, Eatlah Jakarta yang berlokasi di Jalan Cipete Raya ini, baru satu minggu beroperasi. Kepulan asap yang cukup kuat tertiup angin, menghiasi eksterior ruko bernuansa ungu yang ramai dipenuhi parkiran mobil dan motor. Aroma saus telur asin gurih melayang-layang di udara, menimbulkan rasa lapar di hari hujan yang dekat dengan jam makan siang. Momen itu juga, Tim Qraved memutuskan untuk mencoba makan di sana.
2
Photo Source:  Eatlah
3
Photo Source:  Eatlah
Ada empat menu andalan yang ditawarkan di Eatlah Jakarta, mulai dari Chicken Salted Egg, Dory Salted Egg, Chicken Sambal Matah dan Chicken Wing Salted Egg. Kurang beruntung, hari itu Tim Qraved sudah kehabisan menu Chicken Sambal Matah-nya yang cukup ternama. Untungnya, kami masih bisa mencicipi tiga menu lain yang semuanya menggunakan saus serupa: Saus Telur Asin.
4
Photo Source:  Eatlah
5
Photo Source:  Eatlah
Selagi menantikan pesanan kami jadi, Tim Qraved melihat proses pembuatan makanan di sini yang cukup sederhana. Satu batch saus telur asin dibuat selama kurang lebih 15 menit, dan bisa digunakan untuk 40 hingga 50 porsi pesanan. Ada banyak persediaan telur di dapurnya, pastinya untuk memuaskan para pelanggan yang tidak berhenti-berhenti antri di depan pintu. Di dalam lokasi, udara sedikit terasa sesak, berkat banyaknya orang dan campuran asap yang berkumpul di ruangan. Walaupun begitu, aroma saus telur asin yang istimewa tetap membuat kami betah berlama-lama di sana.
6
Photo Source:  Eatlah
7
Photo Source:  Eatlah
Pada dasarnya, ada tiga pilihan menu yang bisa dipilih sebagai protein di sini, potongan ayam tanpa tulang, ikan Dory, dan sayap ayam yang kemudian diolah dengan cara digoreng dan dilumuri saus. Menurut pemiliknya, pilihan ayam lebih digemari di kalangan anak muda, sedangkan ikan Dory lebih disukai oleh pelanggan dengan usia lebih dewasa. Uniknya, Tim Qraved memperhatikan kondisi dapur di sini, dan walaupun menerima banyak sekali pesanan setiap hari, Eatlah Jakarta berhasil menjaga kebersihan di area dapurnya.
8
Photo Source:  Eatlah
9
Photo Source:  Eatlah
Proses pembuatan makanan di Eatlah jakarta juga cukup simple. Protein dilumuri tepung, digoreng kering, dilumuri saun telur asin, lalu dituangkan pada kotak kecil yang sudah diisi nasi putih dan telur mata sapi. Menurut pemiliknya, butuh lebih dari 6 bulan untuk mengadaptasi rasa saus telur asin di sini dari restoran asalnya yang berlokasi di Singapura. Karena lidah orang Jakarta cenderung lebih suka rasa asin, nuansa rasa saus telur asin di Eatlah Jakarta juga sedikit lebih gurih jika dibandingkan dengan gerai aslinya. But as a result, citarasa yang diciptakan juga berhasil bikin kami cukup ketagihan dengan sensasi gurihnya.
10
Photo Source:  Eatlah
11
Photo Source:  Eatlah
Yang lebih mengejutkan lagi, walaupun disajikan di dalam kotak kecil, ternyata seporsi menu makanan di Eatlah Jakarta terasa sangat mengenyangkan. Buat yang sedang diet, menyantap setengah porsi makanan di sini bisa jadi sudah terasa hampir berlebihan, walaupun tadinya rasa lapar sangat melanda. Kombinasi saus telur asin dan telur mata sapinya, mungkin terasa agak berat buat kamu yang kurang suka makanan creamy. But thanks to the white rice, makanan yang kami coba terasa pas di lidah, terutama dengan sentuhan rasa cabai dan daun jeruk menyegarkan. Dengan harga antara 35 ribu hingga 45 ribu rupiah, gerai makanan satu ini benar-benar wajib kamu coba.