Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kuliner Gorontalo: Enak dan Khas, Namun Kurang Tersohor

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Kuliner Gorontalo: Enak dan Khas, Namun Kurang Tersohor1
kompasiana
Ketika orang ditanya, masakan Indonesia apa yang paling enak, jawabannya pasti berkisar antara rendang, sate, ataupun nasi goreng. Memang, ketiga makanan itu adalah salah tiga makanan yang paling terkenal, dan punya banyak penggemar. Terlebih-lebih rendang --atau lebih jauh lagi masakan Padang-- siapa pula yang tak suka dengan masakan Padang? Jangankan orang Indonesia, bule pun suka. Bahkan ada yang sampai membuat lagu khusus sebagai kecintaannya pada masakan Padang. Namun, yang perlu diingat, Indonesia tak sebatas Jawa ataupun Sumatera. Masih ada Kalimantan, Papua, Sulawesi, yang tentu saja punya kuliner tak kalah enak dengan masakan Padang ataupun nasi goreng. Terlebih lagi, nama pulau terakhir, Sulawesi. Salah satu daerah di Sulawesi, yaitu Gorontalo, juga punya makanan-makanan  enak.   Bedanya, kuliner Gorontalo tak setenar kuliner Padang. Tapi, soal rasa, kuliner Gorontalo tak kalah enak dengan kuliner a la Sumatera Barat. Bahkan, buku yang membahas resep-resep makanan Gorontalo, tahun lalu ikut serta dalam Frankfurt Book Fair. Judulnya Trailing Taste of Gorontalo. Buku tersebut hadir sebagai salah satu buku resep masakan Asia Terbaik. Lantas, memangnya, kuliner macam apa yang ada di Gorontalo? Berikut daftarnya.

1. Binthe Biluhuta

2
Photo Source:  Kumpulan resep masakan online
Binthe Biluhuta ini adalah salah satu makanan khas Gorontalo. Sebagaimana kurang lengkap jika ke Jogja tapi belum makan gudeg, begitu juga dengan Gorontalo dan binthe biluhuta. Makanan yang satu ini adalah makanan khas yang terbuat dari jagung. Tapi, bukan sembarang jagung. Karena masakan ini merupakan jagung yang "berkuah" rempah-rempah. Aroma rempah-rempah yang kuat itulah yang menjadi ciri khas makanan ini. Rempah-rempah yang sangat khas dengan Gorontalo.    

2. Sashimi Tuna

3
Photo Source:  heytheresia
Agak heran juga, kalau Gorontalo punya sashimi. Tapi, memang begitulah adanya. Provinsi yang ada di bagian utara Sulawesi ini juga punya sashimi. Yang sedikit membedakan mungkin dari segi kondimennya saja. Di Gorontalo, sashimi disajikan dengan sambal dabu-dabu yang khas.

3. Ayam Iloni

4
Photo Source:  makanajib.com
Ayam iloni adalah jenis masakan ayam bakar yang dimasak dengan dengan santan. Karenanya, makanan yang satu ini terasa sangat gurih dan empuk. Biasanya ayam iloni disajikan dan/atau dilumuri dengan sambal khas yang akan membuat siapa saja akan ketagihan dibuatnya.

4. Ilabulo

5
Photo Source:  Melody Nurramdhani
Secara tampilan, ilabulo memang punya kemiripan dengan pepes. Bedanya, ilabulo ini terbuat dari sagu dan ati ampela, dan kemudian dicampur dengan berbagai macam rempah. Rasanya sungguh nikmat, apalagi jika ditambahkan dengan merica. Pedasnya pun pas, cocok untuk kamu yang memang suka dengan makanan-makanan pedas.

5. Kue Sabongi

6
Photo Source:  Widhiaanugrah.com
Kue yang satu ini cukup unik. Karena, makanan ini terbuat dari campuran singkong dan pisang. Rasanya akan begitu kompleks: ada semburat rasa manis di tengah-tengah gurihnya singkong yang ada. Layak untuk kamu coba.