Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kopi Manual Brew yang Nggak Kalah dengan Kopi Kekinian

Iqra RabikaIqra Rabika
Kopi Manual Brew yang Nggak Kalah dengan Kopi Kekinian1
11109
Saat pamor kopi susu makin merajalela, varian kopi dengan teknik manual brew tetap punya tempat di hati penikmatnya. Jenis kopi yang dibuat dengan penyeduhan manual memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kopi yang dibuat dengan mesin espresso. Soal rasa, tentu punya cita rasa tersendiri dan nggak kalah dengan kopi kekinian. Nah, kalau kamu ingin mencoba berbagai metode kopi manual brew, kamu bisa mampir ke Kopi Made yang punya berbagai metode penyeduhan manual. Apa saja saja, ya? 

Ice Drip

2
Photo Source:  Kopi Made
Kopi Made memiliki satu sajian kopi yang bisa bikin kamu ketagihan, yaitu es kopi made yang dibuat dengan teknik iced drip menggunakan biji kopi Arabica asal Bali. Proses iced drip ini memakan waktu yang lama karena kopi yang sudah di-roasting akan didiamkan selama 8 sampai 12 jam menggunakan alat Kyoto Ice Dripper yang memiliki 2 filter untuk menyaring kopinya. Kopi yang di tetesi air dari es batu ini pun menggunakan rasio 5 tetes air, dalam 8 detik yang membuat rasa kopi menjadi nggak terlalu asam karena sudah diproses dalam waktu yang tepat. Kalau suka dengan kopi yang memiliki rasa, es kopi made memiliki 4 varian rasa yaitu, bold, signature, latte, dan juga mocha. Selain bisa menikmati ice drip kopi made di tempat, mereka juga membuat kopi botolan yang menggunakan base kopi iced drip ini, lho!

Pour Over

3
Photo Source:  Kopi Made
Jika iced drip membutuhkan waktu yang agak lama dalam proses pembuatannya, teknik pour over ini prosesnya cukup cepat kok. Pada dasarnya pembuatan kopi pour over ini dibuat dengan cara menuangkan air panas ke kopi yang sudah digiling namun dengan perlahan dan gerakan yang memutar agar kopi yang diseduh menjadi lebih merata. Teknik pour over ini dapat membuat kamu menikmati aroma yang berasal dari biji kopi pilihan kamu.

Aeropress

4
Photo Source:  Kopi Made
Kalau ingin rasa kopi yang punya rasa lebih ‘strong’ kamu bisa mencoba teknik penyeduhan dengan aeropress. Kopi yang sudah di seduh di press atau ditekan dengan bantuan udara, yang menyebabkan rasa dari kopinya lebih terasa dibandingkan alat manual brew lainnya.

Vietnamese Drip

5
Photo Source:  Kopi Made
Vietnamese drip ini punya proses yang mirip dengan pour over namun ditambahkan dengan susu kental manis yang membuat rasanya jadi lebih seperti kopi susu. Di Kopi Made kamu bisa menikmati Vietnamese drip yang dibuat dengan menggunakan biji kopi robusta asal Silimakuta yang punya rasa cenderung pahit sehingga cocok untuk dipadukan dengan susu kental manis dan menghasilkan rasa pahit manis yang pas di lidah.
Nggak hanya menyediakan kopi yang diseduh manual, spot ngopi asal Bali dengan suasana temaram ini juga meroasting sendiri kopinya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu-menu berat untuk teman ngopi. Nah, makanya buruan langsung ke Kopi Made untuk membuktikan cita rasa khas kopi manual brew favorit kamu!