Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenapa Banyak Orang Makan Kurma Untuk Buka Puasa?

Haetam AttamimyHaetam Attamimy
Kenapa Banyak Orang Makan Kurma Untuk Buka Puasa? - Main Photo
http://www.kippreport.com/wp-content/uploads/2012/07/dry-dates1.jpg
Bulan suci Ramadhan sebentar lagi tiba nih! Siapa dari kalian yang excited? Ibadah di bulan Ramadhan itu memang asyik. Selain tentu saja buat nambah pahala, ada banyak hal lain yang bikin Ramadhan makin ramai. Salah satu ciri khas bulan puasa adalah kehadiran beberapa makanan khas yang muncul cuman pas lagi bulan puasa doang.

Dari sekian banyak sajian makanan yang hadir, yang paling mengingatkan kamu sama bulan puasa tentu saja adalah kurma. Udah dari lama banget kurma jadi ciri khas bulan Ramadhan karena sering digunakan sebagai menu yang mengawali buka puasa.

Selain karena telah menjadi tradisi yang bahkan dilakukan oleh Nabi Muhammad sendiri, ternyata kurma memang memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Terutama untuk kondisi badan yang beradaptasi dengan bulan puasa. Ini adalah beberapa alasan yang menjelaskan bahwa kurma memang baik digunakan sebagai makanan buka puasa.

Kurma mudah dicerna

Saat berpuasa, terutama pada fase awal, perut kamu akan melakukan adaptasi dengan kondisi dan kebiasaan makan yang nggak seperti biasanya. Saat kosong selama beberapa jam, perut akan beristirahat. Nah ketika jam buka puasa tiba, perut kamu mulai bekerja lagi seperti biasa. Kurma adalah makanan yang baik untuk mengawali buka puasa, karena kurma mudah dicerna. Sifat ini membuat perut kamu tidak kaget dan merasa capek bekerja setelah beristirahat seharian.

Kurma mencegah kamu jadi rakus

Saat puasa, kamu akan mulai merasa lapar saat jam 11 siang. Jika kamu bisa bertahan sampai di atas jam 3, rasa laparnya mulai bisa ditoleransi. Namun yang nggak akan pernah hilang adalah nafsu buka puasa yang terbayang di kepala kamu. Segala hidangan rasanya ingin disikat.

Kurma memiliki fungsi untuk meringankan rasa lapar hebat yang kamu alami. Hal ini baik untuk mencegah kamu makan dalam porsi besar sekaligus. Makan bertubi-tubi bisa berbahaya lho buat perut kamu.

Kurma penuh dengan nutrisi

Ingat dengan kata-kata "berbukalah dengan yang manis"?. Teori itu ternyata cukup akurat karena berbuka dengan yang manis itu baik buat tubuh kamu, asal jangan mengkonsumsi gula berlebihan. Nah kurma itu memiliki kandungan gula yang membuat kamu punya energi lagi. Belum lagi adanya nutrisi yang baik untuk sel otak dan otot.

Kurma bisa mencegah konstipasi

Saat berpuasa, kamu memiliki potensi untuk mengalami konstipasi karena perubahan jam makan yang cukup signifikan. Nah hal ini bisa dicegah oleh kurma. Terjadinya konstipasi atau buang air yang tidak teratur ini disebabkan oleh kurangnya serat. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup untuk tubuh kamu.