Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jangan Tinggalkan Medan Sebelum Mencicipi 6 Masakan Tradisional Ini!

Ganesha WandaGanesha Wanda
6 masakan tradisional khas medan1
indonesian medan food
Medan merupakan salah satu kota yang juga terkenal sebagai kelezatan kulinernya. Nah, ke Medan nggak lengkap kalau nggak mencicipi masakan asli daerah di sana. Apa saja sih masakan tradisional khas Medan yang bisa kamu cicipi? Nih simak aja ya ulasannya! 

Ombus-ombus

2
Photo Source:  travelblog
Kue yang satu ini merupakan snack favorit khas Batak.  Ombus-ombus sendiri berasal dari kota Siborongborong. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula merah di tengahnya yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan di kukus. Kue ini mantap nih kalau dinikmati dengan kopi atau teh di sore hari. 

Arsik

3
Photo Source:  dentistvschef
Biasanya ikan yang digunakan untuk menyajikan hidangan ini yaitu ikan mas, tapi bisa juga menggunakan ikan lainnya sesuai selera. Ikan arsik biasanya di masak dengan menggunakan bumbu yang khas di daerah Sumatera Utara, yaitu andaliman yang membuat ikannya memiliki rasa pedas yang khas. Dijamin kamu bakalan jatuh cinta dengan rasanya. 

Saksang

4
Photo Source:  lihat.co.id
Yang satu ini merupakan menu olahan babi khas Batak nih! Rasa daging babi-nya yang empuk dengan bumbunya yang pedas gurih ini nggak cuma digemari orang Batak saja, tapi juga para pencinta menu babi. Nah, kalau ke Medan nggak lengkap rasanya kalau nggak mencicipi saksangnya yang salah satunya bisa kamu temukan di BPK Haleluya

Dali ni Horbo

5
Photo Source:  tripelaketoba
Menu yang dikenal dengan nama lain susu kerbau  ini diolah secara tradisional dan mudah, yaitu susu kerbau yang di masak hingga mendidih. Meski terlihat pucat, namun hidangan ini memiliki rasa yang khas gurihnya dan nikmat. Hidangan ini juga memiliki kandungan yang sama dengan susu pada umumnya lho, seperti lemak, karbohidrat dan protein. Hmm, nggak cuma enak tapi ternyata sehat ya! 

Mie Gomak

6
Photo Source:  masakanpraktisrumahan
Yang satu ini merupakan hidangan mie khas Batak nih. Dinamakan gomak (di genggam dengan tangan) karena dulunya mie ini dihidangkan dengan cara di genggam dengan tangan. Mie-nya yang besar sering kali membuat mie ini disebut spagheti Batak. Mie biasanya di hidangkan dengan sayuran, daging, dan juga seafood sesuai dengan selera.

Dengke Mas na Niura

7
Photo Source:  wikipedia
Sekilas menu ini mirip dengan hidangan ikan arsik. Namun, aslinya sangat berbeda lho karena dengke mas na niura tidak dimasak sama sekali. Ikan mas disajikan mentah hanya dengan bumbu yang lengkap sehingga yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak. Biasanya menu ini selalu hadir pada momen perayaan tertentu, seperti pernikahan dan baptis.