Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jangan Lakukan Hal ini Saat Pakai Sumpit!

Iqra RabikaIqra Rabika
Jangan Lakukan Hal ini Saat Pakai Sumpit!1
pinkpangea
Buat kalian yang merupakan penggemar masakan Jepang pasti udah familiar banget kan dengan penggunaan sumpit? Nah, tapi tau gak sih ada beberapa hal yang gak boleh kamu lakukan saat makan dengan menggunakan sumpit. Hm, apa aja ya yang gak boleh di lakukan pas kamu memakai sumpit?

Memberikan Makanan Pada Orang Lain

2
Photo Source:  j-cul
Jika kamu sedang makan dan ingin mengambilkan makanan ke teman mu, jangan berikan langsung sumpit ke sumpit. Hal ini dikarenakan di Jepang sana memindahkan dari sumpit ke sumpit menyerupai upacara kremasi saat pemakaman yang memindahkan tulang dari orang ke orang. Kalau kamu ingin mengambilkan makanan, kamu bisa langsung taruh di piringnya yang sudah di dekatkan ke sumpit kamu ya.

Mengaduk Makanan

3
Photo Source:  cheria halal wisata
Hal ini mungkin yang paling mudah terlupakan saat sedang makan, apalagi saat kamu makan miso soup atau pun ramen adalah mengaduk makanan dengan sumpit yang kamu pegang. Padahal hal ini amat gak disarankan dalam etika penggunaan sumpit Qravers! Nah, kalo kamu mau mengaduk makananmu, kamu bisa gunakan sendok dulu sebelum mulai makan dengan sumpit.

Memegang Sumpit dengan Kedua Tangan

4
Photo Source:  lolo life
Walaupun sumpit jumlahnya sepasang ada dua, tapi sumpit gak diperbolehkan untuk di pegang dengan kedua tangan lho. Oh ya, terus kamu juga jangan jadikan sumpit kamu sebagai pengganti garpu dan pisau untuk memotong makanan ya, karena bakalan dianggap gak sopan oleh orang Jepang.

Meletakkan Sumpit di Mangkok

5
Photo Source:  fluentu
Nah, pasti banyak dari kamu yang sering banget melakukakn ini nih, yaitu meletakkan sumpit diatas mangkuk kamu saat selesai makan. Meletakkan sumpit melintang di atas mangkuk dianggap gak sopan karena mengingatkan akan upacara pemakaman di Jepang. Taruh aja sumpit kamu di tempat tatakan sumpit atau disamping mangkuk kamu.

Menusuk Makanan Kamu

6
Photo Source:  cheer up english
Pada saat makan, dan makanannya sedikit licin biasanya kan insting pertama pasti menusuk makanan kan? Nah, hal ini gak diperbolehkan nih sebenarnya. Menurut orang Jepang, menusuk makanan dengan sumpit menunjukan sikap sashi-bashi alias serakah.

Jadikan Sumpit Sebagai Mainan

7
Photo Source:  gurunavi
Sumpit merupakan tradisi yang lumayan sakral banget di Jepang, hal ini terlihat dari banyaknya etika saat menggunakan sumpit nih. Makanya, saat kamu makan jangan jadikan sumpit kamu sebagai mainan untuk membuat musik ataupun saat mengobrol jangan gunakan sumpit untuk menunjuk-nunjuk. 

Menjlat Sumpit

8
Photo Source:  jpninfo
Kamu pasti sering kan liat adegan menjilat sumpit di komik-komik Jepang? nah, walaupun kelihatannya menggemaskan, tapi hal ini sebenarnya gak boleh dilakukan lho. Menjilat sumpit dianggap hal yang gak sopan oleh tetua di Jepang.

Jangan Menggali

9
Photo Source:  wiki
Nah, yang di maksud dengan menggali disini tuh adalah mencari makanan yang ada dibawah makanan yang tersaji. Ambilah makanan mulai dari bagian teratas dan jangan mengaduk-aduk makanan kamu dengan menggunakan sumpit ya!