Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Menu Wajib Tim Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara

Audrey AndiniAudrey Andini
Ini Dia Menu Wajib Tim Pengibar Bendera Pusaka Besok di Istana Negara1
harianterbit
Setelah melalui seleksi ketat untuk terpilih jadi Paskibraka Nasional, perjuangan mereka pun terus berlanjut dengan adanya rentetan latihan keras. Nggak cuma itu, pasukan Paskibraka pun dituntut untuk menjaga stamina, dengan memperhatikan asupan makanan.  Ada makanan yang mesti meraka konsumsi rutin, ada juga pantangan yang harus ditaati. 
Dilansir oleh Tribun News, Sudirah Djasmadi, penyedia catering untuk Paskibraka, mengungkapkan bahwa semua makanan telah dicicipi dulu oleh tim kesehatan. Penasaran dengan menu ketat Paskibraka? Berikut liputannya.

Setiap Hari Sebelum Makan Pagi

2
Photo Source:  ariananews
Untuk menjaga stamina agar kuat menjalani latihan dan hari H di Istana Negara, Paskibraka Nasional diwajibkan menyantap susu, teh manis, pisang, dan telur ayam kampung. Asupan makanan yang seimbang memang sangat dijaga ketat.

Menu Sarapan

3
Photo Source:  drcarney
Untuk menu sarapan, Paskibraka diberi menu wajib dengan ikan tanpa duri, ayam fillet, daging, dan telur menjadi lauk wajib harian. Menu terkadang di mix n match agar peserta tidak bosan dan asupan gizi tetap terjaga.

Buah yang Boleh Dikonsumsi

4
Photo Source:  gardenclinic
Bahkan konsumsi buah pun dijaga ketat. Tidak semua buah dianggap perlu dikonsumsi oleh Paskibraka. Buah yang diperbolehkan hanya buah-buahan yang mengandung air seperti melon, semangka, pepaya. Paskibraka juga diberikan pisang setiap pagi untuk menambah energi. 

Sayur yang Dianjurkan

5
Photo Source:  resepolahan
Sayur pun disediakan untuk Paskibraka. Biasanya sayur yang berkuah yang disajikan seperti sayur bayam, kangkung, sayur asem, dan sop.

Menu Pantangan

6
Photo Source:  countryliving
Paskibraka sangat dilarang mengonsumsi makanan pedas dan gorengan. Bahkan mereka tidak boleh membeli makanan dari luar ataupun kiriman makanan dari orangtua. Nggak cuma itu, makanan bersantan,  makanan atau minuman dingin juga sangat dilarang.

Menu untuk Pelatih

7
Photo Source:  detoxyourbody
Tidak hanya Paskibraka, pelatih Paskibraka juga memiliki menu wajib. Wedang jahe, wedang jeruk, dan potongan kencur adalah santapan wajib bagi pelatih untuk menjaga suara agar tidak serak.