Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Bedanya Gulai, Gule dan Opor!

Iqra RabikaIqra Rabika
Ini Dia Bedanya Gulai, Gule dan Opor! 1
resepkoki
Semarak Lebaran biasanya disempurnakan dengan tersajinya deretan hidangan lezat di meja makan, seperti opor, gulai, hingga gule. Nah, ketiga masakan ini memang sekilas terlihat agak mirip karena memang menggunakan bumbu dasar rempah yang sama. Biar pas Lebaran nanti kamu nggak bingung dengan apa yang kamu makan, mendingan kenalan yuk kenalan lebih dekat dengan ketiga sajian ini. 

Gulai

Ini Dia Bedanya Gulai, Gule dan Opor! 2
Photo Source:  ResepKoki
Gulai merupakan salah satu masakan yang cukup populer, apalagi di tanah Sumatera. Gulai ini biasanya mudah banget kamu temui di rumah makan Padang, dengan kuah berwarna kuning kemerahan yang didapat dari bumbu cabai dan punya rasa gurih yang agak pedas. Namun, gulai biasanya dimasak dengan ikan, dan juga ayam.

Gule

Ini Dia Bedanya Gulai, Gule dan Opor! 3
Photo Source:  Resep Masakan Dapur Arie
Mungkin selama ini kamu pikir gulai dan gule itu sama saja, eits kamu salah. Gulai dan gule memang mirip banget tapi mereka berbeda. Misalnya saja, gulai yang berasal dari tanah Sumatera dan mendapat pengaruh dari racikan menu India, sedangkan gule dari tanah Jawa. Selain itu, gulai biasanya dimasak dengan ikan dan ayam, gule ini biasanya dimasak dengan daging kambing dan memiliki kuah yang lebih encer dibandingkan gulai yang pekat dan punya warna kuah lebih kuning dibandingkan gulai. Untuk bumbunya, gulai menggunakan racikan rempah yang cukup banyak, seperti kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, adas, jintan 

Opor

Ini Dia Bedanya Gulai, Gule dan Opor! 4
Photo Source:  ResepKoki
Di saat Lebaran, hidangan opor pasti tersaji di meja makan. Walau punya kuah yang encer seperti gule dan sama-sama berasal dari daerah Jawa, opor punya perbedaan yang lebih menonjol karena warna kuahnya yang cenderung lebih putih, dengan tambahan bumbu ketumbar. Selain itu, opor biasa disajikan dengan ketupat di hari Lebaran.
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara gulai, gule dan juga opor jadi saat lebaran nanti kamu nggak bingung lagi harus pilih yang mana!