Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodCobain 7 Makanan Favorit Bung Karno Ini Pas 17an Nanti!

Cobain 7 Makanan Favorit Bung Karno Ini Pas 17an Nanti!

Iqra RabikaIqra Rabika
Cobain 7 Makanan Favorit Bung Karno Ini Pas 17an Nanti! - Main Photo
beritatrendz
Soekarno merupakan sosok yang penting banget dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain proklamator, Soekarno yang juga dikenal dengan panggilan Bung Karno ini juga merupakan presiden pertama Republik Indonesia dan ternyata orangnya merakyat banget lho! Hal ini terbukti dari makanan favoritnya dan juga kebiasaannya saat makan yang jarang pake sendok garpu kalo lagi dirumah. Makanan favoritnya yang sederhana ini bisa banget buat menemani kamu merayakan hari kemerdekaan sambil merenungi jasa para pahlawan kita. Simak artikel ini buat tau makanan favorit Bung Karno!

Ikan Asin dan Sambal Terasi

ikan asin - hipwee
Photo Source: hipwee
Makanan yang satu ini jadi kesukaan Bung Karno pasti karena rasanya yang emang enak banget, apalagi kalo makannya pake nasi putih yang masih panas. Nah, Bung Karno kalo makan ikan asin dan sambal terasi ini gak suka kalo sambalnya dipindah ke piring dan lebih senang makan sambalnya langsung dari coweknya. 

Nasi Jagung

nasi jagung - langgamlangitsore
Photo Source: langgamlangitsore
Makanan yang satu ini sering banget jadi menu sarapannya Bung Karno, yaitu nasi jagung. Menurut Bung Karno makan nasi jagung ini melambangkan dunia tani dan melambangkan kekuatan. Nah nasi jagung ini enak banget dimakan pake sayur daun singkon dan ikan asin.  

Sate

sate - pegipegi
Photo Source: pegipegi
Sate tuh merupakan makanan yang istimewa banget buat Bung Karno, soalnya daging yang ditusuk-tusuk ke kayu dan dibakar ini merupakan makanan yang dimakan sesaat setelah memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia lho! Bisa banget nih makan sate sambil bayangin jaman kemerdekaan dulu.

Sayur Lodeh

sayur lodeh - indofoodia
Photo Source: indofoodia
Mama kamu pasti sering kan masak sayur lodeh? Tapi pasti mama kamu gak tau kalo sayur yang pake santan ini merupakan sayur kesukaannya Bung Karno. Bahkan, Bung Karno juga sering lho ngajak tamu kenegaraannya buat nyobain sayur favoritnya ini. Berbanggalah kamu yang sering dimasakin sayur lodeh sama Mama kamu!

Rawon

rawon - resepresepmasakan
Photo Source: resepresepmasakan
Rawon yang merupakan masakan daging dengan kuah hitam ini tuh merupakan masakan buat jamuan kenegaraan lho dulunya. Makanya, Bung Karno pun makan rawon gak bisa sering-sering. Tapi karena emang rasa rawon ini enak banget, gak heran jadi makanan favoritnya Bung Karno. 

Bagar Hiu

bagar hiu - atjehpost
Photo Source: atjehpost
Kamu tau kan dulu Bung Karno pernah diasingkan di Bengkulu? Nah, makanan yang satu inilah yang jadi pelipur laranya saat di pengasingan. Makanan yang sekarang udah punah ini tuh mirip kayak daging rendang dengan kuah cokelat tapi bedanya bagar hiu ini menggunakan daging ikan hiu. 

Kopi Tubruk

kopi tubruk - id.wikipedia
Photo Source: id.wikipedia
Kopi tubruk tuh emang minuman yang Indonesia banget! Minuman yang satu ini juga sering banget menemani sarapannya Bung Karno. Rasanya yang pahit ini emang jago bikin melek, makanya Bung Karno juga doyan. 
Qraved | Life is Tasty