Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cara Alternatif Berdiet

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Cara Alternatif Berdiet1
Harvard Health Publications - Harvard University
Sebenarnya Qraved baru tahu juga, kalo diet punya cara alternatif. Udah kayak genre music dan juga jalan, ada alternatifnya. Maklum, selama ini Qraved memang menjunjung tinggi prinsip-prinsip "Makan Terus Pantang Kendur".

Tapi, tenang aja. Meski Qraved baru tahu, tapi Qraved akan ngasih kamu beberapa cara alteratif dalam berdiet. Cara yang ga melulu mengurangi porsi makan agar berat badan bisa turun.

 

1. Makanlah yang Banyak

Kalo kamu lagi diet, biasanya porsi makan kan dibatasi. Nah, kalo Qraved malah menyarankan kamu untuk makan yang banyak aja sekalian.

Tapi, ada catatannya. Kamu hanya boleh makan dalam porsi banyak khusus untuk makanan yang mengandung banyak protein dan juga serat. Kalo makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, sih, harus tetap kamu jauhi.

Dengan memakan makanan yang punya kandungan protein tinggi, akan dapat membantu metabolisme dalam tubuh. Dan juga bisa memberi efek kenyang yang lama.

2. Dessert sebagai Menu Sarapan

Menjadikan menu dessert sebagai menu sarapan juga bagus untuk program dietmu loh. Agak kontradiktif, sebenarnya, mengingat biasanya kalo diet, kita juga dihimbau untuk membatasi makan makanan manis.

Namun, begitulah adanya. Sebuah penelitian menyebutkan, kalo seseorang makan makanan manis di pagi hari, akan merangsang orang tersebut untuk tak makan makanan manis di hari berikutnya.

3. Sempatkan Olahraga Pagi

Ini nih yang agak susah. Olahraga pagi.

Ya, olahraga pagi adalah salah satu "jalur alternatif" untuk menurunkan berat badan. Memang, ruang publik di Ibukota sedikit ga memungkinkan untuk melakukan hal ini. Tapi, kamu bisa coba dengan berlari di atas treadmill selama 45 menit, misalnya.

Olahraga pagi juga punya peran penting. Karena, selain dapat membakar lemak, olahraga juga bisa membantu kita dari godaan nikmatnya sarapan.

 

4. Air Hangat Dulu, Baru Makan

Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, kalo habis makan harus kena es ataupun air dingin. Tapi, untuk kamu yang sedang diet, ada baiknya menghindari air es ataupun air dingin dan mulailah beralih untuk mengkonsumsi air hangat lebih intens. Apalagi sebelum makan. Karena, meminum air hangat sebelum makan, akan menimbulkan efek kenyang. Bahkan sebelum menyantap makanan.

Hal ini tentu saja bagus, apalagi buat kamu yang memang sedikit kesulitan dalam hal membatasi porsi makan.