Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Berburu Kuliner Enak Saat Mudik Lewat Jalur Pantura

alcander alonzoalcander alonzo
Berburu Kuliner Enak Saat Mudik di Jalur Pantura1
@angelina_deeandra
Musim mudik sudah semakin dekat, nih! Dan pastinya, mendekati mudik segala hal harus dipersiapkan, terutama untuk urusan perut. Kalau kamu melakukan mudik dan melewati jalur Pantura (Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan), beberapa tempat makan berikut bisa jadi rekomendasi untuk wisata kuliner bisa sudah siapin nih daftar tempat makan enak yang bisa kamu dapetin di sepanjang jalur Pantura. 

Cirebon

Empal Gentong Mang Dharma

2
Photo Source:  @angelina_deeandra
Empal Gentong Mang Dharma bisa jadi destinasi utama kamu yang kepengin makanan pedas. Empal yang direbus beserta aneka jeroan langsung dimasak hingga gurih bersama kaldu yang berwarna kekuningan. Setelah itu cemplungin deh beberapa potong lontong dan tinggal ditambahkan cabai kering yang bikin kuahnya tambah pedas. Biar tambah enak, dimakan pakai kerupuk kulit kerbau yang renyahnya banget-bangetan. Alamat: Jalan Slamet Riyadi No.1, Krucuk, Cirebon

Bubur Sop Mang Kapi

3
Photo Source:  @kartuposinsta
Cirebon punya beragam sajian makanan yang bakalan bikin kamu terlena, salah satunya adalah si Bubur Sop Mang Kapi. Bubur ini dicampur dengan kuah sop yang bening tapi sarat akan kegurihan yang tiada tara. Potongan daging ayam yang melimpah juga bikin bubur ini terlihat makin wah. Perpaduan antara bubur yang kental dengan kuah sop ayam yang nikmat ternyata benar-benar juara. Alamat: Jl Tentara Pelajar, Cirebon. 

Brebes

Sate Blengong Bu Kijah

4
Photo Source:  @nurleoluph
Banyak yang bilang kalau sate blengong ini merupakan kuliner yang legendaris. Pasalnya, sate ini menggunakan daging yang berasal dari hewan blengong (persilangan antara bebek dan entok) dan punya tekstur daging yang kenyal tapi empuk ketika dikunyah. Biasanya sate blengong disantap dengan kupat dan juga kuah ala ketupat sayur. Pasti kebayang kan lezatnya kuliner ini? Alamat: Jl Gajah Mada No.31, Brebes. 

Tegal

Sate Kambing Wendy’s

5
Photo Source:  ditegal.com
Memasuki wilayah Tegal, kamu bisa isi perut dulu dengan mampir ke gerai Sate Kambing Wendy’s. Satenya memiliki tekstur daging kambingnya yang empuk, dan dilengkapi dengan cocolan kecap yang bikin masakan ini makin sedap untuk disantap. Selain sate kambing, kamu juga bisa cobain sop kambing dan juga gule kambingnya. Pokoknya kamu harus cobain semua sajian yang ada di sini. Alamat: Jl Letjend Suprapto No.59, Tegal. 

Sauto Tauco Pasar Senggol Pak Caup Gendut

6
Photo Source:  Yuniar Pratiwi Rahman
Soto yang dicampur dengan tauco ini memang nikmat banget, dan kabarnya sudah ada sejak tahun 1968. Untuk menemukan sauto ini memang agak tricky nih, guys, jadi kamu harus kea rah pintu selatan dari Pasar Senggol terus nanti ketemu deh si sauto legendaris ini. Sajian sauconya memang unik, karena kamu bisa memilih antara ayam, babat, ataupun daging sapi, dan kalau kamu memang kelaparan bisa langsung dicampur ketiganya. Meskipun disajikan di atas mangkuk kecil, tapi rasanya super wah. Apalagi kalau disantap dengan sambal kecap, tahu goreng, dan juga ketupat. Alamat: Pasar Senggol, Tegal. 

Pemalang

Gulai Kepala Kakap Mas Har

7
Photo Source:  @radit_82
Lagi kepengin yang segar-segar? Cobain saja gulai kepala kakap mas har yang super enak ini. Ikan kakapnya memang dimasakn hingga empuk banget, apalagi ketika kamu seruput di bagian kepalanya. Rasa kuahnya pun bercampur antara pedas dan gurih, dan paling nikmat kalau disantap dengan nasi putih panas-panas dan segelas es teh manis. Pastinya mudik makin semangat kalau sehabis menyantap sajian ini. Alamat: Jl Ahmad Yano No.69B, Pemalang.

Pekalongan

Nasi Megono

8
Photo Source:  @yunita_rahmawati_subechi
Sudah sampai di Pekalongan nih,guys. Warung lesehan yang biasanya baru buka sekitar jam 5 sore ini jadi tempat makan favoritnya banyak orang. Kalau makan disini kamu bisa memilih sendiri menu yang kamu mau. Mulai dari pepes ikan, sate telur puyuh, tempe mendoan hingga capitan. Di warung lesehan ini selain makanannya enak harganya pun juga murah meriah. Alamat: Jl Urip Sumoharjo Prilangu, Pekalongan.