Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

9 Jenis Makanan Penangkal Polusi

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
9 Jenis Makanan Penangkal Polusi1
Tempo.Co
Menurut Unicef, organisasi PBB, yang tiap harinya ngurusin masalah anak-anak dari umat manusia yang tinggal di Bumi --kalo tinggal di Mars ga mereka urusin. Soalnya kejauhan katanya-- baru-baru ini mereka merilis data, kalo setiap tahun ada 300 juta anak yang terkena pengaruh buruk dari polusi udara di kota-kota besar dunia. Dan dari angka yang 300 juta itu, tanpa harus melakukan survey dan juga penelitian, Qraved amat sangat banget yakin kalo, anak-anak Jakarta punya presentase yang di atas rata-rata. Pasalnya, Jakarta sendiri merupakan salah satu kota yang paling polusi. Nah, karena itulah, buat kamu yang udah punya anak ataupun kamu yang pengen menjaga kesehatan di kota Jakarta yang polusinya ga ketulungan, Qraved mau bagi-bagi tips beberapa makanan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengurangi efek polusi yang ada.

1. Apel

2
Photo Source:  Sharing ILMU
Ada kandungan flavonoid dalam buah apel. Kandungan flavonoid itulah yang bisa membantu tubuhmu untuk membersihkan paru-paru. Selain itu, zat tersebut juga bisa membantu tubuhmu untuk menangkal radikal bebas.

2. Wortel

3
Photo Source:  EKESEHATAN.COM
Wortel adalah salah satu sayuran yang paling lengkap kandungan nutrisinya. Selain mengandung vitamin A dan juga Vitamin C, sayuran ini juga punya kandungan likopen yang tinggi. Ketiga zat itulah yang akan membantu tubuhmu untuk menangkal radikal bebas, serta menurunkan resiko terkena kangker paru-paru.

3. Cabai

4
Photo Source:  EKESEHATAN.COM
Buat kamu yang hobi banget makan pedas, berarti kamu satu langkah lebih maju dalam menangkal radikal bebas yang disebabkan polusi. Karena, cabai juga terbukti mampu menangkal radikal bebas.

4. Jeruk

5
Photo Source:  wongmlijo
Jeruk.  Buah ini, sama halnya kayak apel. Punya kandungan flavonoid.

6. Kacang-Kacangan

6
Photo Source:  kacangmete.com
Pada umumnya, kacang-kacangan punya kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium inilah yang nantinya dibutuhkan tubuh untuk memperbesar kapasitas paru-paru,

7. Brokoli

7
Photo Source:  Obat Asam Urat
Di dalam brokoli, ada kandungan sulphurophane yang diyakini dapat membangkitkan sel-sel darah putih yang mampu membantu tubuh untuk memberishkan "limbah" dari paru-paru.

8. Bawang Merah- Bawang Putih

8
Photo Source:  www.pakargigi.com
Ga sekadar cerita rakyat. Duet bawang merah dan bawang putih itu juga sangat bermanfaat buat tubuh. Soalnya duet bawang ini punya kandungan sulfur yang tinggi dan dapat membersihkan paru-paru dari polusi dan juga asap rokok.

9. Jahe

9
Photo Source:  Majalah Dan Artikel Twisted
Jahe juga baik untuk menangkal polusi loh. Soalnya, jahe punya zat yang bisa membersihkan lendir-lendir yang ada dalam paru-paru kita. Jadi, ada baiknya, buat kamu yang sering "ngabisin waktu" di jalan, sering-sering minum jahe deh.