Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Jajanan Khas Indonesia yang Udah Seger Sejak Dipikirkan

Deri LesmanaDeri Lesmana
7 Jajanan Khas Indonesia yang Udah Seger Sejak Dipikirkan - Main Photo
duniainter.net
Hidup di Indonesia adalah hal yang menyenangkan. Apalagi buat kita yang hobi jajan. Selalu ada jajanan yang enak buat dikunyah. Bahkan, karena terlalu enak dan terlalu sering dibeli, jajanan-jajanan itu udah bisa kita rasain walaupun belum ada di depan kita. Berikut ini adalah rangkuman Qraved tentang jajanan khas Indonesia yang luar biasa itu. Sekarang baca dulu, nanti langsung cabut beli!
2
Photo Source:  vemale.com
Yang pertama, ada tahu gejrot. Jajanan ini sebenernya sederhana banget, cuma tahu sumedang dipotong-potong, disiram kuah dari gula dan asam jawa. Oia, dilengkapi juga sama ulekan cabai merah dan rawit, serta bawang merah dan putih. Tapi rasanya gak pernah sederhana. Tahu gejrot, apalagi kalau dibuat cukup pedas, punya rasa yang istimewa banget. Seger, sedap, bikin ngiler. Kita bisa makan tahu gejrot ini di Mangga Dua. Mampirlah.
3
Photo Source:  tokomesin
Dari yang pedes dan sedap, kita beralih ke yang dingin dan segar. Es kelapa muda. Gak perlu ribet, cuma perlu kelapa muda, air gula merah, dan es. Beberapa variasi pakai potongan mangga atau jeruk, agar-agar, atau susu putih. Yang pasti, rasa es kelapa ini seger banget. Cocok buat diminum siang-siang atau jadi penutup setelah kita makan bakso super pedas. Hmm.
4
Photo Source:  resepumi.com
Selanjutnya, ada jajanan khas Makassar, yaitu es pisang ijo. Agak ramai dan rumit, es pisang ijo dibuat dengan bahan utama pisang raja kukus, dilapisi dengan tepung beras yang dimasak kental bersama daun suji dan pandan, lalu semuanya disatukan dalam semangkuk es dengan larutan sirup. Kebayang kan rasa es pisang ijo yang ramai itu? Apalagi, belakangan banyak penjual es pisang ijo yang berinovasi dengan sirup dan bahan yang lain. Kita bisa nikmatin jajanan khas Indonesia yang luar biasa ini di Kelapa Gading.
5
Photo Source:  metrodowntownsa.com
Balik lagi ke yang seger, sedap, dan pedas. Jajanan khas Indonesia selanjutnya adalah pempek. Dibuat dari adonan sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri, lalu digoreng dan disajikan bersama kuah cuka yang kental, sedap, dan asam-pedas, pempek jadi salah satu yang disukai banyak orang. Cuma ngebayangin pempek aja udah bisa bikin kita ngilu-ngiler. Kita bisa nikmatin pempek ini di Pasar Minggu, salah satunya pempek Pak Jenggot. Yuk!
6
Photo Source:  superbubur.com
Selanjutnya, ada jajanan khas Indonesia yang sempat populer banget beberapa waktu lalu. Sampai sekarang juga masih populer. Seblak. Ada seblak kering, tapi yang basah lumayan banyak yang jual. Gak lain, ini adalah jajanan yang terbuat dari kerupuk goreng yang disiram bumbu pedas. Tapi belakangan banyak inovasi, yaitu pakai ceker, makaroni, sosis, bakso, dan beberapa sayuran. Rasanya bisa pedas banget, sepedas yang kita mau. Cobain ya seblak di Pasar Minggu.
7
Photo Source:  duniainter.net
Jajanan khas Indonesia selanjutnya adalah sop buah. Yang satu ini biasanya disajikan dengan mangkuk besar. Alasannya gak ada yang lain, kecuali karena emang porsinya yang besar. Kita bisa menikmati berbagai jenis buah dalam seporsi sop buah, lengkap dengan serutan es, larutan sirup dan susu. Mewah banget, ya. Cobain sop buah di Istana Juice Sop Buah di Thamrin, yuk.
8
Photo Source:  resepsedapku.com
Iya, sih, ini asalnya dari Tiongkok. Tapi nama cakwe udah jadi punya Indonesia. Jadinya, gak salah kalau kita bilang ini jajanan khas Indonesia. Sederhana aja, ini adalah adonan terigu lengkap dengan baking soda dan baking powder yang digoreng. Penyajiannya lengkap dengan saus yang agak pedes sekaligus asam. Rasa cakwe yang kalem enak banget kalau disiram saus (atau dicocol). Cobain deh cakwe yang ada di Pasaraya Grande.

Gimana, kamu punya ide jajanan khas Indonesia yang lain? Yang pasti, kita ini udah kaya banget sama jajanan yang enak dan seger. Cuma dengan ngebayangin aja, kita udah ngiler. Jajanannya ada di depan kita, makin ngiler. Dimakan...lebih dari sekadar enak.