Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

6 Makanan Indonesia yang Ternyata Warisan Belanda

Iqra RabikaIqra Rabika
6 Makanan Indonesia yang Ternyata Warisan Belanda1
saturesep.com
Dijajah selama 350 tahun  oleh Belanda tentu meninggalkan banyak jejak pada bangsa Indonesia. Tidak hanya bangunan saja, makanan pun ikut terpengaruhi budaya Belanda. Nah, makanan Indonesia ini yang ternyata merupakan warisan dari Belanda, lho!

Semur

2
Photo Source:  Prelo
Siapa sangka semur yang biasanya kamu makan ini merupakan peninggalan Belanda. Berasal dari kata smoor yang berarti rebusan ini merupakan makanan yang biasanya di rebus dalam waktu lama dengan tambahan kecap.

Perkedel

3
Photo Source:  cennygoh
Olahan kentang tumbuk ini ternyata merupakan masakan Belanda, lho. Perkedel ini dikenal dengan nama frikadeller di Belanda yang terbuat dari tumbukan kentang dan daging.

Selat Solo

4
Photo Source:  ResepKoki
Walau tercantum nama Solo pada jenis makanan ini, ternyata Selat Solo merupakan masakan Belanda yang banyak dimakan oleh keluarga ningrat di Solo karena terbuat dari bistik sapi yang disiram kuah gurih manis dengan sayuran.

Kue Cubit

5
Photo Source:  imaanoona
Pasti kamu heran kan kenapa kue cubit merupakan makanan peninggalan Belanda?  Kue cubit yang sering banget dijual di pinggir jalanan, namun kue cubit ini terinspirasi dari masakan Belanda yang punya nama poffertjes, kue yang juga jadi jajanan pinggir jalan di Belanda.

Lapis Legit

6
Photo Source:  evirosyi
Lapis Legit yang proses memasaknya butuh kesabaran ini juga ternyata juga merupakan makanan peninggalan Belanda, namun sudah mengalami akulturasi dengan budaya Indonesia karena penggunaan bumbu rempah saat proses pembuatannya.

Klappertaart

7
Photo Source:  @afhanim
Dessert yang terkenal dari daerah Manado ini dari namanya saja sudah terlihat amat Belanda. Tart yang terbuat dari kelapa ini terasa manis dan amat disukai orang Belanda di masanya.