Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Es Jadul yang Membawamu Terjebak Nostalgia

Ganesha WandaGanesha Wanda
5 Es Jadul yang Membawamu Terjebak Nostalgia 1
Indonesia Kaya
Kini, makin banyak saja bermunculan jenis-jenis es krim. Nggak cuma rasanya yang enak, bentuknya yang lucu-lucu pun bisa memikat hati banyak orang. Namun, di balik makin banyaknya jenis es krim kekinian yang muncul, ini dia nih lima es jadul yang selalu dirindukan. 

Es Potong

Waroeng Sunda es jadul2
Photo Source:  kulinerbandung
Es yang satu ini memang jadi es jadul yang popular nih! Nggak heran, hingga sekarang masih banyak penggemar dari es ini. Dinamakan es potong karena es-nya yang berbentuk sangat panjang kemudian di potong menjadi beberapa bagian yang lalu di tusuk ke lidi. Es potong biasanya memiliki banyak varian rasa, seperti cokelat, durian, kacang hijau, hingga kelapa. Setelah itu, es dicelupkan kembali ke dalam cokelat cair. Duh, ngebanyanginnya saja sudah bikin ngiler. Nah, kamu nggak perlu bingung mencari es potong, karena kamu juga bisa menemukannya di Waroeng Sunda

Es Tong Tong

Waroeng Sunda es jadul3
Photo Source:  brilio
Nah, kalau es krim yang satu ini merupakan versi lebih murah dari ice cream gelato ala Western. Nama tong tong dari es krim yang satu ini di ambil dari bunyi pentungan abang penjualnya nih! Pilihan rasa ice creamnya juga lebih sederhana, seperti cokelat atau kelapa namun rasanya tak kalah enak! 

Es Kue

Waroeng Sunda es jadul4
Photo Source:  meylanisaftr
Es yang satu ini bentuknya mirip dengan kue lapis nih. Ada 2 penyajian es krim yang satu ini, ada yang berupa potongan seperti kue ada juga yang diberi gagang seperti popsicle. Ciri khas es kue yaitu berwarna-warni seperti pelangi. Selain manis, es kue juga memiliki tekstur sedikit cruncy ketika di gigit. Mantap!

Es Goyang

Waroeng Sunda es jadul5
Photo Source:  Indonesia Kaya
Dinamakan es goyang karena untuk melepaskan es krim dari wadah cetakannya harus dengan cara digoyang-goyangkan. Setelah dikeluarkan dari cetakannya, es krim kemudian dicelupkan lagi ke cokelat cair. Rasanya yang segar dan manis serta harganya yang terjangkau membuat es ini digemari banyak orang. 

Es Serut Cetak

Waroeng Sunda es jadul6
Photo Source:  Jimmy Santoso
Satu lagi nih es yang sering kita ditemui di jajanan waktu kecil dulu. Terlihat dari namanya, es ini dibuat dengan cara di serut yang kemudian di cetak dengan cetakan yang berbagai bentuk. Yang kemudian di beri batang untuk memudahkan memakannya dan dilumuri sirop warna-warni yang memiliki ragam rasa. Cara makannya pun cukup unik, kamu hanya perlu menghisap es tersebut sampai sirup atau esnya habis.