Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Alasan Mashed Potato Lebih Baik Daripada French Fries

Feb PradanaFeb Pradana
5 Alasan Mashed Potato Lebih Baik Daripada French Fries1
Kedai Juyo
Perdebatan abadi akan selalu kita temui tiap makan steak di sebuah restoran. Soalnya sebagian besar pasti menawarkan opsi dishes: Mashed Potato atau French Fries. Secara tampilan French Fries emang begitu menggoda dan terlihat praktis karena tinggal celup ke minyak panas. Tapi ya itu, kentang goreng enggak lebih baik dari Mashed Potato. Mungkin sebagian besar orang tau fakta itu, tapi soal alasannya, enggak semua. Nah sekarang Qraved bakal kasih kamu alasan kenapa sebaiknya mulai pilih si kentang tumbuk daripada French Fries.

1. Proses Memasak yang Sehat

2
Photo Source:  Salon.com
Satu yang paling penting dalam pemilihan antara french fries dan mashed potato adalah cara penyajiannya. Kentang tumbuk biasa dimasak dengan direbus terlebih dahulu sebelum ditumbuk dan dicampurkan bahan lainnya. Sementara kandungan minyak terkandung jelas di dalam seporsi french fries dan tentu saja tidak terlalu baik untuk tubuh.

2. Kandungan Nutrisi yang Masih Tersimpan

3
Photo Source:  Simplyscratch.com
Lewat proses memasak seperti di atas, kandungan nutrisi juga pasti berpengaruh. Meski kandungan karbohidrat mashed potato hanya kurang lebih setengah dari yang diperoleh french fries, jumlah lemak yang dihasilkan berbanding jauh. Ambil contoh dalam 100 gram french fries, bakal menghasilkan 14,08 gram lemak, sementara mashed potato hanya 3,54 gram.

3. Tak Rentan Bahan Berbahaya

4
Photo Source:  Amazon.co.uk
Satu keunggulan mashed potato secara umum adalah minim dari risiko campuran bahan-bahan kimia berbahaya. Sementara french fries dalam beberapa kasus, dicampur bahan tersebut agar bisa tetap tahan lama. Bumbu yang digunakan juga terkadang minim nutrisi.

4. Mitos Mentega Tidaklah Benar

5
Photo Source:  Veggieonapenny.com
Sebelumnya beredar perdebatan bahwa mashed potato juga menghasilkan lemak yang cukup banyak dari mentega yang dicampurkan. Memang benar, butter mengandung lemak, tapi tidak yang seperti dihasilkan french fries. Malah, mentega yang dipadukan untuk jadi bahan kentang tumbuk, bernilai baik dan bagus untuk kesehatan tubuh, bila disajikan pada porsi yang pas.

5. Bisa Dimakan dalam Kondisi Apapun

6
Photo Source:  Recipeshubs.com
Terakhir, mashed potato praktis tidak mengenal jam larangan makan karena memang salah satu makanan yang dianjurkan dalam kondisi apapun, bahkan baik saat proses penyembuhan sakit. Sementara kandungan minyak sisa pemasakan dari french fries dan sifatnya yang garing terkadang jadi penghalang bagi orang untuk memakannya di segala situasi.