Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Menu Ramadhan dari Berbagai Penjuru Dunia

alcander alonzoalcander alonzo
10 Menu Ramadhan dari Berbagai Penjuru Dunia1
@zulaiykhaa
Sambil menunggu momen buka puasa yang selalu ditunggu-tunggu saat Ramadhan, banyak orang yang selalu antusias menyambutnya dengan mempersiapkan hidangan buat santapan berbuka. Kalau di Indonesia ada es buah, biji salak, atau kolak, beberapa negara berikut ini juga punya makanan khas Ramadhan yang nggak kalah unik dan pastinya enak. Mau tahu apa saja? Ini dia daftar plus tips cara membuatnya. 

1. Palestina - Malfouf

Menu khas Palestina ini biasa jadi pilihan menu utama buat berbuka puasa di negeri itu. Meski sekilas terlihat simpel, sensasi rasanya ternyata bikin nagih. Kalau kamu mau coba-coba bikin, kamu cukup siapkan kubis, yang diisi dengan daging cincang, beras, dan bumbu rempah (bawang putih dan lada), juga olive oil. 

2. Arab Saudi - Luqaimat

Beralih ke negeri Arab Saudi, kamu bisa mencicipi kelezatan kue bulat goreng dengan rasa manis yang dinamakan Luqaimat. Rasanya mirip-mirip donat atau kue bantal dan disajikan dengan lumuran sirup kurma. 

3. Turki - Ramazan Pidesi

Kalau di Turki, masyarakat setempat sering menyantap menu Ramazan Pidesi untuk buka dan sahur. Sajian roti yang mirip roti pita yang lembut dan agak manis ini menggunakan ragi dalam pengolahannya. 

4. Kazakhstan - Beshbarmak

Selain banyak disantap saat Ramadhan, sajian ini juga jadi sajian utama saat ada perayaan dan acara spesial. Diolah dari daging kambing (bisa juga domba atau kuda) yang dicampur aneka rempah dan mie homamade, menu beshbarmak juga dikenal dengan makanan lima jari. Kenapa? Ternyata untuk menyantapnya, masyarakat setempat terbiasa langsung menyantapnya dengan jari tangan. 

5. Afganistan - Bolani

Banyak yang tergila-gila dengan kenikmatan roti tipis berbentuk bulan yang di dalamnya ditambahkan mashed potato, aneka sayuran, juga bumbu rempah ini. Selain dipanggang, ada jua beberapa masyarakat yang mengolahnya denga cara digoreng. 

6. Indonesia - Kolak

Kalau yang satu ini sudah pada kenal, dong? Menu yang kuahnya diracik dari santan, gula Jawa, ini juga dicampur dengan ubi, labu, atau pisang sebagai pelengkapnya.  

7. Malaysia - Bubur Lambuk

Buat yang suka menu hangat, bubur nasi yang diolah dengan daging dan lobak ini tampaknya bisa memuaskan selera saat berbuka maupun sahur. 

8. Pakistan - Falooda

Nah, kalau menu khas Pakistan ini merupakan minuman menyegarkan sekaligus menyehatkan yang diolah dari yoghurt dan sirup mawar. 

9. India - Haleem

Sensasi kelezatan Ramadhan juga datang dari India lewat menu Haleem yang merupakan olahan gandum direbus bersama dengan barley, lentil dan rempah (kapulaga, kunyit, lada hitam) juga daging, lalu dimasak di kuali hingga 12 jam. 

10. Maroko - Harira

Buat penggemar olahan kambing, sop tradisional asal Maroko ini bisa jadi pilihan. Selain tekstur dagingnya yang lembut, kuahnya juga terasa beda berkat bumbu rempahnya, seperti kayu manis.