Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Warung Kopi Klotok, Wajah Jogja Tempo Doeloe

Iqra RabikaIqra Rabika
warung kopi, yogyakarta, asli indonesia, kopi klotok, makan murah - Photo 1
Warung Kopi Klotok, Wajah Jogja Tempo Doeloe
Tempat makan ini dibuka sejak tahun 2015 dan hingga saat ini tidak pernah sepi pengunjung. Malahan makin ramai pengunjung terutama dari luar kota. Setelah kurang lebih 6 tahun berdiri, baru kali ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke tempat ini untuk memenuhi rasa penasaran saya seperti apa sih warung makan “ndeso” yang begitu terkenal sampai ke kalangan artis Ibu Kota bahkan orang-orang berpengaruh pun pernah loh makan di sini.
Warung ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dan buka mulai dari jam 7 pagi hingga 10 malam. Kabarnya datang ke sini harus sepagi mungkin karena jam 8 atau 9 pagi sudah ramai (untuk ukuran new normal). Jalan akses masuknya sempit dan melewati area sawah. Di sana terdapat sebuah rumah joglo limasan khas Jawa dan pekarangan yang berada tepat di samping sawah. Persis seperti rumah “Si Mbah” di kampung. Kental dengan suasana lawas pedesaan khas Jawa Tengah.
2
Photo Source:  Fransisca Niken Pratiwi
Menu makanannya juga tidak kalah autentik. Sego megono, lodeh kluwih (a.k.a sejenis nangka muda), lodeh terong, lodeh tempe, dan aneka lauk pauk sederhana disajikan di pawon (a.k.a dapur) tepat di samping tungku masak dan diambil sendiri oleh pengunjung secara prasmanan. Jangan (a.k.a sayur) lodeh nya membawa kembali memori masa kecil ketika sering menyantap masakan “Si Mbah”. Rasanya enak, rempah dan bumbu nya “medhok” mencerminkan bahwa pemiliknya memang sangat concern juga terhadap kualitas makanan tidak hanya pada suasana dan interiornya saja.
3
Photo Source:  Fransisca Niken Pratiwi
Jika hanya ingin ngemil dan ngopi di pagi hari, tersedia menu pisang goreng, jadah goreng dan kopi klotok. Pisang goreng di sini adalah salah satu menu makanan ringan paling favorit dan paling sering dipesan. Bahan dasar nya adalah pisang kepok kuning yang sudah matang dan adonan tepung yang diolah dan disajikan sesuai dengan pesanan. Satu porsinya berisi 2 buah pisang goreng dan dihargai 6.500 rupiah.
Kopi klotok, seperti namanya bubuk kopi dimasak dengan panci panas dan disiram air sampai mendidih hingga mengeluarkan bunyi “klotok-klotok”, merupakan salah satu kopi tradisional Indonesia khas Jawa yang kurang dikenal. Biasanya yang lebih dikenal identik dengan Yogyakarta adalah Kopi Jos.
4
Photo Source:  Fransisca Niken Pratiwi
Pantas saja Warung Kopi Klotok Jogja tidak pernah sepi pengunjung dan begitu terkenal. Banyak aspek yang didapatkan oleh pengunjung, yaitu :
Pengalaman
Yogyakarta saat ini sudah hampir menyerupai kota besar lainnya kental dengan kemacetan, café kekinian, mall, hotel berbintang, dan apartemen. Wajah Yogyakarta yang otentik dan tradisional kian berubah menjadi modern. Namun di salah satu sudut kota, Warung Kopi Klotok berhasil dalam usaha menghadirkan kembali wajah Yogyakarta tempo doeloe sehingga memberikan pengalaman berbeda saat berlibur ke sana.
Kenyamanan
Joglo limasan lawas khas Jawa, hamparan sawah, pekarangan luas dikelilingi pepohonan, dan masakan rumahan tempo doeloe yang lekat dengan suasana pedesaan memberikan rasa nyaman bagi pada pengunjung untuk refresh dari hiruk pikuk modernisasi kota besar.
Kenangan
Suasana yang dibentuk dari landscape, interior, dan kuliner Warung Kopi Klotok menghidupkan lagi kenangan masa lalu saat berkunjung ke rumah “Si Mbah”, cocok dengan petikan lirik lagu salah satu musisi ternama “Terhanyut aku akan nostalgia, saat kita sering luangkan waktu, nikmati bersama suasana Jogja…”.
Harga Murah
Meskipun sudah ramai dan terkenal, tempat ini tetap mempertahankan ciri khas “murah” dari Yogyakarta. Jangan takut harga makanannya “digetok”, justru total harga yang kamu bayarkan bisa jadi lebih murah daripada ekspektasi. Sepiring sego megono dengan aneka sayur dibanderol 11.000 rupiah saja. Untuk lauk pauk bisa bervariasi harga satuannya mulai dari 1.500 sampai 3.500 rupiah. Seporsi pisang goreng atau jadah goreng hanya 6.500 rupiah jika ditambah segelas kopi klotok menjadi 11.500 rupiah. Hati senang, perut kenyang, dompetpun tenang.
Warung Kopi Klotok Jogja
Alamat : Jalan Kaliurang km 16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Sleman, Yogyakarta
Telp : 0812-2221-1635
Menu : Nasi putih, sego megono, aneka lodeh, lauk-pauk, pisang dan jadah goreng, kopi klotok, aneka minuman
Harga : Rp 500,- s/d Rp 11.500,-
Penulis : Fransisca Niken Pratiwi