Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Rahasia Pengusaha Ropang OTW Sukses Angkat Kuliner Indonesia Jadi Snack Kekinian

Iqra RabikaIqra Rabika
Kuliner Indonesia Jadi Snack Kekinian - Photo 1
Qraved
Kelezatan masakan asli Indonesia sudah tidak perlu diragukan, bahkan sudah mendunia. Seiring berjalannya waktu, masakan Indonesia juga ikut berkembang. Sekarang ada banyak banget snack kekinian yang diracik lagi agar lebih menarik dengan rasa yang mengingatkan kita akan menu tradisional Indonesia.
2
Photo Source:  Qraved
Tjoek Widharyoko yang sukses dengan bisnis Ropang OTW, Kopiyor, Tahu Go, Bakwan Day, dan Pisang POP menangkap peluang untuk mengubah kecintaannya terhadap masakan asli Indonesia, menjadi snack kekinian yang bisa dinikmati oleh semua generasi. Tjoek Widharyoko juga ternyata penggemar setia makanan Indonesia, contohnya seperti sate klathak ala Jogja dan steak tuna khas Manado. Kesukaannya dengan masakan asli Indonesia mendorong Tjoek untuk langsung bisnis makanan kekinian, tapi dengan cita rasa Indonesia yang familier di lidah masyarakat.
3
Photo Source:  Qraved
Ide bisnis F&B pun tercetus dari kepuasan tersendiri ketika Tjoek bisa berbagi senyum dan tawa lewat makanan dan minuman enak. Tjoek juga sadar betul kalau lezat harus disandingkan dengan strategi pemasaran yang on point. Pengusaha Ropang OTW ini pun membagikan rahasianya dalam mengangkat overall brands dari bisnis F&B yang digelutinya.
4
Photo Source:  Qraved

Terus Inovasi Menu Kekinian yang Orisinil

5
Photo Source:  Qraved
Tren menu kekinian pasti terus berubah-ubah. Namun, menurut Tjoek, masyarakat akan selalu kembali ke menu orisinil. Misalnya saja tren kopi dalgona yang lama-lama redup, akhirnya masyarakat pun kembali menikmati menu favorit kopi susu gula aren. Jadi, triknya adalah untuk selalu berinovasi serta menjalankan marketing campaign agar menu jadi viral dan terus diingat publik. Contohnya menu roti pandan yang ngehits karena warna hijaunya yang aesthetic, dikeluarkanlah menu seperti Full Pandan dengan banyaknya varian topping seperti keju, coklat, srikaya, gula mentega yang klasik dan masih banyak varian topping lainnya.
Soal rasa, menu kekinian hasil modifikasi masakan asli Indonesia pun harus dipastikan punya overall taste yang tidak berubah. Tjoek mengakui potensi masakan asli Indonesia untuk jadi viral itu sangat besar karena ada banyak jenis masakan “jagoan” yang jadi favorit banyak orang.

Proses Brainstorming Menu-menu Trendsetter

6
Photo Source:  Qraved
Untuk bisa memanfaatkan tren yang lagi happening, prosesnya harus cepat dan kalkulatif. Dari topik yang hits, kemudian akan disesuaikan untuk konsep menu atau visual marketing campaign. Contohnya Ropang Es Doger baru diluncurkan Ropang OTW untuk menangkap momen festive season.
7
Photo Source:  Qraved
Selain banyaknya varian roti manis yang kekinian, roti asin gurih pun juga jadi incaran pengunjung. “Cita rasa yang paling disukai itu adalah masakan asin gurih, kalau minuman lebih ke kopi susu,” ujar Tjoek. Sementara untuk menu-menu edisi liburan atau launching menu baru per kuartal, sudah disiapkan bahan asli beserta estimasi tren mendatang yang paling pas.
Kalau bicara soal mahakarya di bisnis F&B, satu yang tidak boleh ketinggalan adalah brand exposure. Brand exposure memungkinkan orang untuk mengetahui brand kita agar bisa mengenal sehingga bisa mencoba. Terus memperluas brand exposure dengan strategi branding yang aktif, baik online maupun offline, dan tidak monoton jadi cara khas Tjoek Widharyoko untuk menarik perhatian publik serta berinteraksi dengan konsumen.
8
Photo Source:  Qraved
Nah, kalau kamu lagi cari tempat tongkrongan atau ingin nyemil snack lezat, kamu bisa pesan Es Kopi Roti yang gabungin roti panggang dengan es kopi susu. Kamu juga bisa cobain menu Sate Taichan, Seblak, Telur Gulung, Nasi Ayam Geprek, Balada Nasi Sapi, Es Doger Segar, dan masih banyak lagi makanan asli Indonesia di Ropang OTW, nih!