Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kuliner Asli dengan Rempah-rempah Nusantara yang Cita Rasanya Mendunia

Happy Ferdian Happy Ferdian
makanan indonesia yang mendunia - Photo 1
qraved.com
Tidak hanya karena berbentuk kepulauan, keberagaman kuliner di Indonesia juga dipengaruhi oleh sejarah interaksi antar budaya yang berlangsung sejak ratusan tahun silam. Namun, oleh kearifan lokal, semua itu diolah menjadi menu-menu khas yang menggugah selera.
2
Photo Source:  qraved.com
Mayoritas kuliner asli Indonesia juga dikenal kaya bumbu, terutama berkat ketersediaan rempah-rempah yang melimpah, yang berpadu dengan keahlian terbaik dari tangan-tangan terampil yang meraciknya.
Beberapa rempah yang membentuk keunikan cita rasa kuliner asli Indonesia terdapat pada cengkeh, pala, lada, ketumbar dan serai. Perpaduan rempah-rempah yang khas dan kuat, dapat menghilangkan bau amis atau prengus pada daging sekaligus memberikan cita rasa asli Indonesia. Rempah-rempah ini juga dikenal memiliki beragam manfaat yang mampu melezatkan setiap makanan dan minuman yang terbuat darinya.
Kabar baiknya, kuliner asli Indonesia kini mulai mendapat panggung yang luas di mata dunia. Kini, popularitas menu-menu khas Nusantara begitu cepat meroket. Nah, berikut adalah lima hidangan khas Indonesia yang belakangan semakin populer di tingkat internasional. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Rendang

3
Photo Source:  qraved.com
Rendang berhasil menempati posisi teratas dalam survey makanan terlezat di dunia. Kuatnya karakter bumbu rempah asli Nusantara, seperti cengkeh, pala, dan serai yang menyatu unik dengan lembutnya daging, membuat siapapun tergoda oleh kelezatannya. Pemilihan bahan berkualitas baik dari jenis bagian daging dan racikan rempah, diolah dengan cara asli. Tak tanggung-tanggung memerlukan waktu 5 hingga 6 jam dalam memasak rendang untuk mendapatkan hasil daging yang empuk dan bumbu yang meresap hingga keseluruh bagian dagingnya.
Selain di Belanda karena keterikatan sejarah, rendang kini juga semakin populer disajikan di restoran Asia dan restoran Indonesia di Eropa Barat, AS, Jepang, dan Korea Selatan. Wilayah-wilayah tersebut dikenal dengan warganya yang bisa beradaptasi dengan banyak rasa.

2. Sop Buntut

4
Photo Source:  qraved.com
Sejatinya, sop buntut Indonesia terinspirasi oleh sajian khas Eropa, yang dibawa ketika masa kolonial. Bedanya, oleh masyarakat kita, sajian ini dirombak menjadi lebih kuat cita rasanya, yakni berkat penambahan bahan rempah-rempah asli Nusantara yang berkualitas. Unsur rempah yang menjadikan menu ini terasa hangat saat disantap adalah cengkeh dan pala. Selain itu, harumnya cengkeh dan pala yang khas juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada daging.

3. Gado-gado

5
Photo Source:  qraved.com
Di banyak unggahan video traveling oleh para YouTuber dunia, gado-gado banyak disinggung ketika berkunjung ke Indonesia. Bagi mereka, hidangan ini dianggap seperti salad asli Nusantara, yang dinilai sangat unik dengan tambahan bumbu kacangnya. Rahasia kelezatan bumbu kacang ini terletak pada rempah daun jeruk dan kemiri yang ditambahkan ketika proses penumbukan bumbu. Kini, gado-gado menjadi salah satu lambang kuliner asli kebanggaan Indonesia yang mendunia, salah satunya di Italia.

4. Sate

6
Photo Source:  qraved.com
Sate ayam memiliki bumbu marinasi yang lebih legit berkat penggunaan kecap manis yang cukup intens. Selain itu, bumbu kacangnya juga medok dan sedikit pedas. Potongan dagingnya memang tidak besar, untuk memperoleh tingkat kematangan yang pas ketika dibakar di atas bara api langsung.
Selain ayam, potongan daging kambing juga dapat digunakan untuk membuat sate. Khusus untuk sate kambing, tambahan rempah berupa biji ketumbar ditambahkan dalam proses marinasi untuk menghilangkan bau prengus yang merupakan karakter dasar daging kambing.
Tak hanya wisatawan asing yang datang ke Indonesia yang ingin mencicipi kelezatan sate, sejumlah restoran Internasional pun telah memasukkan sate dalam menu lho, salah satunya restoran Satay Junction di New York yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalan.

5. Mie goreng

7
Photo Source:  qraved.com
Mie goreng kerap kali juga dianggap orang asing sebagai comfort food favorit Indonesia. Terlepas dari varian instannya yang sangat populer, versi aslinya juga mulai mendapat perhatian luas oleh publik dunia. Bumbu mie goreng dianggap cukup kompleks, namun memberikan sensasi gurih yang khas, yang tidak bisa ditemukan di kreasi mie sejenis lainnya. Perpaduan bumbu dasar bawang merah dan bawang putih ditambahkan dengan rempah lada yang menyatu sempurna dengan kecap manis memberikan rasa asli mie goreng Indonesia. Kemudahan dalam mendapatkan bahan-bahan asli untuk membuat mie goreng, menjadikan menu ini semakin banyak dimasak ulang oleh khalayak.
Kuliner asli Nusantara tak pernah lepas dari kekayaan rempah spesial yang ada di Indonesia.
Perpaduan rempah dalam berbagai masakan dan minuman mampu hadirkan cita rasa yang khas dan sangat berkesan. Hal ini juga yang menjadi inspirasi dunia untuk menikmati hidangan kuliner asli Indonesia dan bukti dari Semangat Asli Nusantara untuk bisa membawa kuliner Indonesia lainnya dicintai di dunia.