Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kreasi Kopi Asli Nusantara dari Para Barista Indonesia

Happy Ferdian Happy Ferdian
Asli Indonesia  - Photo 1
Qraved
Kreasi kopi seakan tidak pernah ada habisnya terlebih di Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, terdapat beragam Mahakarya racikan kopi dari Sabang hingga Merauke. Semuanya diproses dengan Cara Asli Terbaik, dan menggunakan Bahan Asli terbaik dari dalam negeri.
Tidak hanya diracik secara konservatif, cita rasa kopi Asli Indonesia juga semakin menanjak kualitasnya berkat racikan masa kini dari sang ahli, para barista kreatif Tanah Air. Kreativitas mereka bahkan mampu menempatkan kopi Asli Indonesia relevan dengan budaya menikmati kopi di era modern, selain juga memperluas pamor beragam Mahakarya Rasa Asli Indonesia.
2
Photo Source:  Qraved
Ambil contoh Viki Rahardja, yang dikenal sebagai 'Raja Latte Art Indonesia' berkat kepiawaiannya meracik beraneka macam latte dengan sentuhan Cita Rasa Asli Indonesia. Padahal dulunya Viki adalah lulusan ilmu nuklir, namun ketertarikan besarnya pada kopi menggiringnya pada profesi barista profesional yang dilakoninya sekarang.
3
Photo Source:  Qraved
Beberapa Mahakarya yang dihasilkannya dengan sentuhan Asli Indonesia adalah Es Klepon Asli, di mana merupakan menu spesial hasil kerja sama dengan Kopi Bojo. Terinspirasi dari cita rasa klepon yang legit, racikannya ini sukses hadirkan moment terbaik dalam merasakan kenikmatan Cita Rasa Asli Indonesia secara modern.
4
Photo Source:  Qraved
5
Photo Source:  Qraved
Mahakarya Viki lainnya yang tidak kalah mencuri perhatian adalah Koffie Soesoe Koerma Asli Keponakan dan Soesoe Koerma Asli Keponakan, hasil kolaborasinya dengan jaringan restoran Kopi Oey. Pertama adalah racikan house blend kopi Asli Indonesia dari Jawa dan Sumatera, yang memiliki rasa khas asam dipadukan dengan manisnya kurma madu sehingga menghasilkan rasa kopi yang light dan bisa dinikmati semua kalangan. Sedangkan satunya lagi adalah kurma madu yang di-shake sempurna dengan susu segar, menyajikan kesan legit dan segar saat menikmatinya.
6
Photo Source:  Qraved
Beda halnya dengan kreasi Ovie Kurniawan, seorang barista trendy Asli Indonesia yang pernah tampil memukau di kompetisi bergengsi World Latte Art Championship (WLAC) 2017, di mana menempatkannya di posisi 18 terbaik dunia.
7
Photo Source:  Qraved
Berkolaborasi dengan jaringan coffee shop Say Something, Ovie hadirkan sebuah Mahakarya bertajuk Asli Binar. Ini adalah espresso dengan hint rasa manis dari campuran buah tropis, serta memiliki aroma jeruk yang menyegarkan. Perpaduan ini menghasilkan rasa asam segar yang jarang ditemukan di kopi sehingga menghasilkan rasa baru yang amat unik.
8
Photo Source:  Qraved
Racikan kopi dengan sentuhan rasa buah-buahan juga bisa ditemui pada Asli Kopi Persik, yang tersedia di seluruh cabang Tamper Coffee. Peraciknya adalah Irma Roseta, satu dari sedikit barista perempuan Asli Indonesia yang telah dikenal luas publik.
9
Photo Source:  Qraved
Dalam kreasinya kali ini, Irma Roseta, yang pernah menyajikan langsung racikan kopi dengan kualitas terbaik kepada Presiden Joko Widodo, meramu cold brew wine coffee Asli Indonesia dengan campuran rosemary, lemon, dan peach yang harum, serta disempurnakan oleh sensasi segar dari soda. Rasanya? Kopi dengan sensasi manis, pahit, dan juga menyegarkan bisa didapatkan dalam segelas kopi Asli Persik ini.
10
Photo Source:  Qraved
Jangan lupa juga untuk mencoba racikan kopi dari Sang Ahli lainnya, Kopi Kelapa Gayo Asli, yang bisa ditemukan di berbagai cabang First Crack Coffee. Peraciknya adalah Evani Jesslyn, barista perempuan Asli Indonesia yang juga tidak kalah harum namanya. Ia juga pernah meracik kopi khusus untuk Presiden Jokowi, dan bahkan menyajikannya langsung di Istana Kepresidenan.
11
Photo Source:  Qraved
Kopi Kelapa Gayo Asli menggunakan biji kopi Gayo yang berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, dan merupakan salah satu varian kopi Asli Indonesia yang paling bermutu. Aroma dan cita rasanya yang kuat berhasil diseimbangkan dengan baik oleh campuran air kelapa muda dan jahe. Hal tersebut menjadikannya memiliki rasa yang unik karena tidak hanya segar, namun juga memiliki sedikit hint rasa pedas yang didapat dari jahe.
12
Photo Source:  Qraved
Selain itu ada juga kopi masa kini yang memiliki resep asli dari Akademie yaitu Kopi Rayuan Asli yang merupakan perpaduan antara double shot espresso dengan sirup leci dan vanila serta susu dan juga topping cheese foam. Rasa kopi yang kuat berpadu sempurna dengan sirup leci, vanila yang manis dan ditutup dengan gurihnya cheese foam membuat kopi ini menjadi kaya akan rasa.
Dari berbagai keberagaman jenis kopi dan pengolahan Bahan Asli oleh barista handal Indonesia inilah yang membuat kenikmatan menyesap kopi asli dari berbagai pelosok negeri ini sungguh Mahakarya yang sayang untuk dilewatkan. Siap untuk mencobanya?