Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cicipi Berbagai Kopi dengan biji Asli Nusantara Bersama Muhammad Aga

Happy Ferdian Happy Ferdian
biji kopi asli nusantara  - Photo 1
Muhammad Aga
Jika ditanya siapa barista asli Indonesia yang terpopuler saat ini, pasti salah satunya akan merujuk pada Muhammad Aga. Karirnya yang meroket dalam hampir satu dekade terakhir ini tak lepas dari sifatnya yang pantang menyerah dan terus mau belajar dalam mengulik dan meracik kopi dengan menggunakan biji kopi asli Indonesia.
Mulai dari menang berbagai kompetisi racik kopi nasional dan regional, ikut berperan di film Filosofi Kopi, hingga berhasil mewakili negara kita di final World Barista Championship 2018 yang bergengsi. Kecintaannya pada dunia kopi, terutama kopi asli Indonesia semakin bertumbuh.
2
Photo Source:  Muhammad Aga
Bersamaan dengannya, Aga juga jadi semakin sering mengulik segala hal tentang dunia kopi dan memantapkan untuk berkarir sebagai barista. Aga berkomitmen untuk terus berjuang mengasah kemampuannya dalam meracik kopi secara profesional. Ia pun serius untuk terus belajar mengenali beragam biji kopi kualitas terbaik, baik biji kopi asli Indonesia maupun mancanegara, hingga bagaimana secangkir kopi seharunya diproses dengan cara terbaik.
Seluruh ketekunan tersebut menjadikan kopi racikan Aga disukai banyak orang, dan bahkan disebut-sebut sebagai calon mahakarya oleh banyak komunitas pencinta minuman kafein terkait. Pengetahuannya pun diperluas hingga mengenali seluk beluk kopi asli Indonesia, yang kemudian diproses dengan cara terbaik menjadi suguhan kopi yang tidak hanya menggugah selera, namun juga berkelas dunia.
Aga mencapai titik tertinggi dalam karirnya pada Juni 2018 lalu, ketika ia berhasil mencapai final World Barista Championship di Amsterdam, Belanda. Ini adalah kompetisi paling bergengsi bagi para barista, di mana mereka dituntut untuk bisa meracik berbagai menu terbaik dan asli buatan sendiri dalam waktu singkat.
3
Photo Source:  Muhammad Aga
Selain pengalaman yang luar biasa banyak, menurut Aga, dengan berhasil diakui di World Barista Championship, berarti memperlebar pintu baginya untuk terus menggerakan dunia kopi Tanah Air, terutama dalam upaya mengangkat pamor kopi asli Indonesia di mata dunia.
Nah, buat kamu yang penasaran dengan kemampuan testing kopi terbaik versi Aga, lima rekomendasi ini patut dicoba:
4
Photo Source:  Say Something Coffee
Hot Cappuccino di café ini termasuk salah satu yang terbaik karena memiliki takaran espresso dan susu panas yang pas, sehingga menjadikannya begitu berkarakter. Untuk setiap kopinya, Say Something Coffee menggunakan biji kopi asli Indonesia langsung dari para petani berdasarkan kualitas terbaik dan memiliki penilaian spesial. Biji Kopi asli Indonesia andalan Say Something Coffee adalah Sekarayu dari Garut Jawa Barat.
5
Photo Source:  Coffee Smith
Menu kopi andalan yang harus banget kamu coba di sini, yakni Japanese Ice Drip, dimana kopinya yang diseduh dengan air panas dan langsung disajikan dingin kedalam gelas berisi es. Coffee Smith menggunakan biji kopi asli Indonesia dari daerah Sukatani Jawa Barat. Rasa kopinya yang kuat dan berkarakter inilah yang mampu membuat Aga jatuh hati dengan kenikmatannya.
6
Photo Source:  Papa Mama Bakery
Coffee shop satu ini memiliki berbagai macam varian iced coffee-nya yang berkarakter yang terbuat menggunakan 60%25 houseblend biji kopi asli Indonesia dari Pulau Jawa dan Kerinci Kayu Aro. Yang menjadi favorit Aga di sini, yaitu Iced Americano, dimana rasa kopinya terasa kuat, cocok untuk kamu penikmat kopi dengan citarasa pahit.
7
Photo Source:  filosofi kopi
Kamu pastinya tak asing lagi dengan coffee shop yang diangkat melalui sebuha film ini. Untuk menghasilkan berbagai macam varian kopi nikmat di sini, Filosofi Kopi menggunakan biji kopi terbaik asli Indonesia dari Jawa Barat. Perfecto Latte merupakan salah satu kopi yang menjadi favorit Aga di sini, di mana ratio espresso dan susu-nya yang pas menghasilkan latte yang benar-benar perfect!
8
Photo Source:  harapan djaya
Tidak seperti coffee shop pada umumnya, Harapan Djaya hadir dengan konsep racikan kopi yang sederhana, namun menonjolkan kualitas rasa prima. Setiap sajian kopinya menyembunyikan kelezatan maksimal di balik tampilan sederhananya. Tak heran kenikmatannya mampu memanjakan lidah Aga. Beberapa diantaranya, yaitu Es Kopi Krim, di mana rasa kopinya yang creamy cocok untuk kamu yang tidak begitu suka kopi pahit, namun untuk kamu penikmat kopi pahit, Long Black bisa jadi opsi yang tepat di mana double espresso-nya benar-benar bisa bikin kamu melek.
Muhammad Aga adalah contoh putra asli Indonesia yang mengharumkan dunia dengan konsistesinya menghadirkan racikan kopi yang diproses menggunakan biji kopi asli Indonesia dengan cara terbaik, di mana segala hal dapat terbentuk otentikasinya dengan kerja keras dan ketekunan dalam berkarya.