Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Makanan Khas Nusantara Ala Pasar Santa

Iqra RabikaIqra Rabika
restaurant, pasar santa, jakarta - Photo 1
5 Makanan Khas Nusantara Ala Pasar Santa
Setiap daerah di Indonesia memiliki masakan dengan keunikan cita rasanya masing-masing. Wajar bila makanan khas nusantara bisa terkenal hingga ke kancah internasional. Campuran rempah-rempah dalam kuliner Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.
Di salah satu daerah bilangan Jakarta Selatan terdapat tempat yang tak asing lagi, yaitu Pasar Santa. Terletak di Jalan Cipaku I, Kebayoran Baru, Pasar Santa menyuguhkan beragam kuliner mulai dari tradisional hingga western yang bisa kamu jumpai di lantai 2. Berikut adalah 5 rekomendasi tempat makan terbaik khas nusantara di Pasar Santa.
1. Manadong
2
Photo Source:  Jovanka Rachel Ronauli
Tempat makan yang menyajikan masakan khas Manado ini memiliki 4 menu pilihan, yakni Ayam Tinoransak, Ayam Rica, Ayam Woku, dan Cakalang Rabe. Ada juga menu frozen yang bisa dimasak sendiri. Setiap menu ricebox berisi nasi dan lauk yang dihidangkan dengan 2-3 perkedel jagung yang dapat menambah kelezatan santapan. Harga makanan mulai dari 35 ribu sampai 48 ribu rupiah.
2. Minang In Wrap
3
Photo Source:  Jovanka Rachel Ronauli
Konsep makanan yang menarik untuk dicoba untuk kamu yang kekinian dan tidak mau repot. Nasi padang yang dibalut dengan kulit tortilla tipis layaknya kebab ini memberikan kemudahan untuk menyantap nasi padang tanpa perlu cuci tangan. Rasanya pun tak kalah enak dari aslinya dan cukup mengenyangkan untuk ukuran regular. Wrap yang padat dengan lauk yang banyak menjadikannya sangat pas hingga gigitan terakhir. Untuk pilihan lauknya sendiri ada rendang, paru goreng, ayam gulai, dan dendeng balado. Bisa juga untuk mix lauk dan mengganti nasi menjadi wheat tortilla dan brown rice agar lebih sehat. Harga mulai dari 32 ribu sampai 50 ribu rupiah.
3. Mangkuk
4
Photo Source:  Jovanka Rachel Ronauli
Tempat makan kali ini menyajikan oseng-oseng dan lidah sebagai menu andalannya. Oseng-oseng adalah teknik menggoreng tanpa minyak, hanya dengan bumbu. Untuk Paket D ayam oseng krispi seharga 42 ribu rupiah porsinya sangat banyak sehingga pasti membuatmu kenyang. Bahkan cukup disantap untuk 2 orang. Menu Paket D berisi nasi putih, lauk utama, telur dadar suwir, ditambah kentang balado dan bayam krispy yang menggugah selera.
4. Betutu Mengwi
5
Photo Source:  Jovanka Rachel Ronauli
Beralih ke masakan khas Bali, Betutu Mengwi menyediakan menu makanan berupa nasi jinggo, nasi campur bali, dan nasi ayam potong. Menu nasi jinggo cocok untuk kamu yang tidak terlalu lapar karena porsinya yang sedikit dan juga murah. Nasi jinggo merupakan masakan khas Bali yang biasanya dibungkus menggunakan daun pisang, namun di sini agar lebih praktis dimasukkan ke dalam kotak. Untuk isinya sendiri terdapat mie goreng, ayam suwir, kering tempe, telur dadar, serundeng dan sambal. Dalam Bahasa Hokkien, jinggo berarti seribu lima ratus. Sejarahnya, nasi jinggo ini dijual bagi para pedagang untuk mengganjal perut mereka pada malam hari. Kamu bisa menikmati nasi jinggo ini dengan harga 10 ribu rupiah saja.
5. Endoq
6
Photo Source:  Jovanka Rachel Ronauli
Terakhir, jajanan khas Indonesia satu ini tidak bisa dilewatkan untuk dinikmati. Telur gulung dibuat dengan cara mengocok telur, tepung jagung, lada dan garam, kemudian menuangkannya pada minyak menggenang lalu digulung dengan lidi bambu. Baluran saus sambal menambah kelezatan dari jajanan ini. Selain telur gulung, Endoq juga menyediakan menu cilok jeletot, cilok kacang, mielor, cilor, sosis gulung dan dadar mini. Semua menu diberi harga 20 ribu rupiah per porsi.
Karena kondisi pandemi, sekarang ini Pasar Santa sepi pengunjung. Meski begitu, masih banyak driver ojek online berlalu lalang untuk memenuhi order pesan antar makanan. Dari kelima tempat makan diatas, mana nih yang menarik perhatianmu?
Penulis: Jovanka Rachel Ronauli